Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memunculkan Toolbar di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Umumnya ketika kita membuka aplikasi Microsoft Word, kita akan melihat sekumpulan perintah atau tools yang berada di ribbon menu. Namun karena kelalaian dan ketidaksengajaan, kita meminimize atau menghilangkan toolbar yang ada di menu yang berisi akses cepat ke fungsi-fungsi yang biasa ada dalam program.

Padahal tools tersebut sangat membantu kita dalam membuat dan mengolah dokumen dengan cepat dan mudah. Seperti pada gambar yang saya paparkan diatas, apabila seseorang yang masih sangat awam menggunakan aplikasi Microsoft Word pasti akan kesulitan dalam mengoperasikannya karena tools yang biasanya digunakan tidak kelihatan/tersembunyi.

Jika kamu juga mengalami kendala seperti ini, kamu tidak perlu khawatir karena pada pembahasan kali ini bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara memunculkan toolbar/menu di Microsoft Word.

Cara Memunculkan Toolbar / Menu di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Untuk memunculkan toolbar menu di Microsoft Word, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan dan dijamin ketiga cara yang akan saya paparkan ini terbukti berhasil. Untuk pembahasan ini, saya menggunakan MS Word 2013 namun cara ini juga tidak jauh berbeda jika kamu pengguna word 2007, 2010, 2016 dan 2019.

1. Memunculkan Toolbar Melalui Ribbon Display Options

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan toolbar menu di Microsoft Word adalah melalui Ribbon Display Options. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengatur menu bar dan toolbar di Microsoft Office. 

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer
  • Di lembar kerja, arahkan kursor ke pojok kanan atas (berdekatan dengan tombol minimize) lalu klik fitur Ribbon Display Options
  • Untuk memunculkan toolbar, klik Show Tabs and Commands
  • Jika sudah maka toolbar akan muncul di halaman kerja word dan siap digunakan.

2. Menampilkan Toolbar/Menu Dengan Shorcut

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menampilkan toolbar menu di MS Word adalah dengan shortcut. Shortcut merupakan kombinasi tombol perintah pada keyboard untuk menjalankan sebuah program di Microsoft Word. Untuk memucukan toolbar di Word, shortcutnya adalah Ctrl+F1

3. Memunculkan Toolbar di Word

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan toolbar di MS Word adalah dengan mengklik secara langsung menu yang ada di MS Word. Misalnya kamu ingin menambilkan tool yang ada di menu Home maka klik pada menu tersebut.

Maka secara otomatis kumpulan tools yang ada di menu Home akan muncul di halaman kerja.

Namun jika ketiga cara diatas tidak berhasil juga, maka saya sarankan untuk reinstal aplikasi Microsoft Office atau mengupdate MS Office ke versi terbaru di laptop atau komputermu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Memunculkan Toolbar / Menu di Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard