Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Screenshot Panjang Halaman Web di Chrome

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mengambil tangkapan layar atau screenshoot mungkin sudah biasa kamu lakukan di laptop atau komputer dengan memanfaatkan tombol PRTSC SYSRQ, namun hasil tangkapan gambarnya hanya sebatas objek yang tampil saat itu juga di layar. 

Jadi untuk screenshot objek yang panjang misalnya di halaman web, kita harus beberapa kali melakukan tangkapan layar dan gambarnyapun terbagi-bagi menjadi beberapa bagian. 

Namun tahukah kamu, kita juga bisa mengambil screenshoot panjang misalnya di satu halaman full website dan hasilnya hanya satu gambar saja. Untuk melakukan hal tersebut kita membutuhkan sebuah ekstensi Google Chrome dimana melalui ekstensi tersebut kita bisa melakukan tangkapan layar panjang.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengambil screenshoot panjang satu halaman full (Web Full Page) di Chrome laptop dan komputer tanpa aplikasi tambahan.

Extensions Full Web Page Screen Capture (Screenshot) Google Chrome

Di Chrome Web Store sebenarnya ada banyak sekali ekstensi full website page screenshot yang bisa didownload secara gratis, salah satunya adalah GoFullPage - Full Page Screen Capture.

GoFullPage merupakan sebuah extensions Google Chrome dimana kamu bisa melakukan tangkapan layar keseluruhan di jendela browser saat ini tanpa meminta izin tambahan apapun. Kamu bisa menyimpan hasil screenshot dalam bentuk gambar maupun PDF.

Salah satu kelebihan ekstensi ini adalah tidak ada iklan yang mengganggu, tidak ada izin yang tidak perlu dan hanya mengubah halaman website penuh menjadi gambar. Ekstensi ini juga telah ditambahkan ke aplikasi Chrome lebih dari 5 juta pengguna dan mendapat rating yang sangat baik.

Cara Screenshot Panjang Halaman Web di Google Chrome PC

Berikut ini cara mengambil screenshoot panjang halaman website (web full page) di Google Chrome PC (laptop dan komputer) dengan mudah:

  • Pertama, buka Google Chrome di laptop atau komputer
  • Buka Chrome Web Store melalui link berikut: https://chrome.google.com/webstore/category/extensions
  • Di kolom pencarian ketik Go Full Page lalu cari. Jika ekstensinya sudah muncul silahkan di klik
  • Kemudian klik Tambahkan ke Chrome dan jika muncul pop up pemberitahuan klik Add Extensions
  • Jika sudah terpasang ke Google Chrome, silahkan buka halaman web yang ingin di screenshoot lalu klik logo Extensions di pojok kanan atas lalu tab GoFullPage - Full Page Screen Capture yang sudah di pin.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses screenshotnya selesai
  • Jika sudah akan terbuka tab baru di Chrome dimana hasil screen capturenya akan dimunculkan di tab browser tersebut. Kamu bisa menyimpan hasil screenshot dalam bentuk PDF atau gambar PNG

Ketika kamu menggunakan ekstension ini untuk mengambil tangkapan layar, kamu tidak perlu mengscrool halaman webnya lagi karena akan terscrool secara otomatis. Kamu tinggal menikmati hasil akhirnya saja dengan gambar yang rapi sesuai dengan tampilan halaman web.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Screenshot Panjang Halaman Web di Chrome PC (laptop dan komputer), semoga pembahasan ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard