Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

7 Situs Website Jurnal Nasional Indonesia Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi mahasiswa, dosen maupun peneliti, jurnal merupakan salah satu referensi yang wajib untuk dimiliki. Jurnal merupakan publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk media publikasi karya tulis ilmiah.

Sekarang ini untuk mengakses jurnal sangatlah mudah. Di internet ada banyak sekali situs web maupun aplikasi yang menyediakan layanan untuk mencari dan mendownload jurnal nasional (Indonesia) secara gratis. 

Tentu ini akan sangat membantu kamu terutama mahasiswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen karena dalam pembuatan tugas karya ilmiah pasti memerlukan referensi dan salah satu referensi tersebut adalah jurnal penelitian.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan 7 situs website yang bisa kamu gunakan untuk mencari dan mendownload jurnal Indonesia (nasional) secara seara gratis dalam bentuk PDF dan .Docs. 

Situs Website Mencari dan Download Jurnal Nasional Indonesia Gratis

Berikut ini beberapa situs website yang bisa digunakan untuk mencari dan mendownload jurnal ilmiah bahasa Indonesia (nasional) secara gratis yang wajib kamu coba:

1. Google Scholar

Siapasih yang tidak kenal dengan Google Scholar? Kamu pasti juga sering menggunakan google scholar untuk mencari jurnal penelitian bukan?

Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu platform yang disediakan oleh google dimana di platform ini kamu bisa mencari berbagai macam literatur ilmiah. Ada berbagai macam disiplin ilmu dari berbagai sumber di Google Scholar seperti artikel, buku, abstrak, skripsi, tesis, opini, repositori online, jurnal dan berbagai macam publikasi ilmiah lainnya.

2. Garuda.ristekbrin.go.id

Garuda atau Garda Rujukan Digital merupakan portal penelusuran publikasi ilmiah yang ada di Indonesia. Portal ini dirancang oleh The Indonesian Publication Index (IPI) dan bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para pembuat dan pengelolah jurnal serta pengguna referensi ilmiah untuk kepentingan akademis dan penelitian.

Disini ada lebih dari 1.500.000 artikel ilmiah dan 12.700 jurnal yang bisa kamu akses. Kamu juga bisa menyarankan jurnal untuk diterbitkan secara berkala dengan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh portal Garuda (memiliki nomor ISSN yang telah terdaftar di International ISSN Centre).

3. E-Recources Perpustakaan Nasional Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan sebuah situs untuk memenuhi kebutuhan pemustaka yang menyediakan berbagai macam bahan perpustakaan digital online (e-Resources) seperti ebook, jurnal dan berbagai macam karya ilmiah lainnya. 

Namun sebelum itu, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dan memiliki nomor anggota yang sah agar bisa memanfaatkan layanan koleksi digital online di https://e-resources.perpusnas.go.id

4. Doaj.org

Directory of Open Access Journals (DOAJ) atau Direktori Jurnal Akses Terbuka merupakan sebuah situs website yang dibuat dan dikelolah oleh Infrastructure Services for Open Access dimana web ini mencantumkan berbagai macam daftar artikel dan jurnal akses terbuka.

Di situs ini terdapat lebih dari 6 juta artikel dan 16 ribu lebih jurnal dengan berbagai bahasa dan dari berbagai negara di dunia, salah satunya jurnal nasional (Indonesia).

5. Moraref.kemenag.go.id

Moraref merupakan sebuah situs website penyedia jurnal online yang dikembangkan oleh Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam. Portal akademik ini dibangun guna membantu indeksasi dan digitalisasi publikasi ilmiah melalui jurnal online di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

Hingga saat ini terdapat lebih dari 90 ribu artikel ilmiah dan 3 ribu jurnal di Moraref yang bisa diakses secara online. Jurnal tersebut bisa kamu jadikan rujukan untuk menulis tugas akhir, makalah dan karya ilmiah lainnya.

6. ISJD PDII LIPI

ISJD merupakan pangkalan data jurnal Indonesia yang berisi kumpulan jurnal atau publikasi ilmiah yang telah terbit di Indonesia dan diserahkan kepada PDII-LIPI untuk diseminisasikan. Jurnal-jurnal  yang ada di ISJD umumnya berasal dari Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian. Hingga saat ini tercatat lebih dari 420.057 artikel dengan berbagai macam judul dan kategori yang telah diterbitkan di http://isjd.pdii.lipi.go.id

7. CiteSeerX

Jika kamu mencari publikasi ilmiah dalam bentuk tulisan ilmiah dan artikel akademis khususnya di bidang komputer dan informasi, situs website CiteSeerX mungkin bisa menjadi solusi. Situs ini dibangun pada tahun 1997 dan dianggap sebagai pendahulu mesin pencari akademik seperti Google Scholar dan Microsoft Academic Search. Kamu bisa mengakses situs ini melalui link https://citeseerx.ist.psu.edu/index

Demikianlah 7 rekomendasi situs website penyedia jurnal nasional Indonesia yang bisa kamu tempati untuk mencari dan mendownload publikasi ilmiah berupa jurnal ilmiah, artikel ilmiah, ebook, makalah, skripsi, tesis, disertasi, makalah dan berbagai macam tulisan ilmiah lainnya.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard