Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Instal Google Play Store di Huawei, Dijamin Berhasil!

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa saat ini Huawei tidak lagi mendapatkan layanan Google Mobile Service (GMS) dan dampaknya pengguna Huawei tidak bisa menggunakan produk-produk Google seperti Google Play Store, Gmail, Youtube, Play Games dan lain-lain.

Hal tersebut dikarenakan Huawei masuk kedalam daftar hitam perusahaan yang diblacklist oleh Amerika Serikat pada masa pemerintahan Donald Trump karena imbas perang dagang dengan China. 

Oleh karena itu, Huawei mengeluarkan Huawei Mobile Services (HMS) Core sebagai pengganti GMS. Walaupun demikian, dampaknya sangat terasa apalagi jika kita sudah terbiasa menggunakan produk-produk Google dan semua data maupun pekerjaan kita tersimpan di akun Google.

Hal ini berdampak kepada hampir semua produk HP Huawei keluaran lama maupun terbaru seperti Huawei Matepad, Huawei Mate 30, Mate 30 Pro, P30, P40, dan bahkan ponsel lawas Huawei sayapun juga kena yakni Huawei Nova Lite setelah pembaharuan perangkat lunak baru-baru ini. Sedih sih. Hiks.

Namun jika kamu juga mengalami hal seperti ini, tenang saja! Kamu masih bisa menggunakan produk-produk Google di HP Huawei seperti Play Store, Gmail, Youtube dan lain-lain karena ada cara mengakali agar aplikasi tersebut bisa digunakan. 

Nah pada pembahasa kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menginstal Google Play Store di HP Huawei dan juga aplikasi Google lainnya agar tetap bisa digunakan, dijamin 100% berhasil karena trik ini juga yang saya gunakan pada ponsel Huawei saya. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Instal Google Play Store di HP Huawei

Untuk tetap bisa menggunakan layanan Google di HP Huawei, khususnya menginstal dan menggunakan Play Store karena disitulah biasanya kita bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi Google yang resmi tanpa disisipi firus atau malware, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni Dual Space dan menggunakan aplikasi Googlefier.

Kalau ditanya, saya menggunakan cara yang mana, ya saya menggunakan cara pertama yakni menggunakan Dual Space. Namun kedua cara ini akan saya paparkan di pembahasan ini.

1. Cara Instal Aplikasi Google di Huawei Menggunakan Dual Space

Dual Space merupakan sebuah aplikasi Android dimana melalui aplikasi ini kita bisa menggandakan atau clone aplikasi yang sudah terinstal di HP kita. Ketika menginstal aplikasi Dual Space, didalam aplikasi sudah terpasang Play Store milik Google dimana melalui apk Play Store tersebut kamu bisa mendownload dan menginstal aplikas / produk Google di HPmu. 

Namun tidak semua versi aplikasi Dual Space support hal ini. Beberapa versi Dual Space juga tidak menyediakan layanan Play Store apalagi kalau didownload di situs resmi. Hemat saya, hanya aplikasi MOD saja yang menyediakannya. Tanpa banyak basa basi, berikut cara instal aplikasi Google di HP Huawei menggunakan Dual Space.

  • Pertama, download dulu aplikasi Dual Space melalui link berikut (Media Fire): https://bit.ly/3v6XUlN
  • Jika sudah terdownload, silahkan Instal APK DualSpace tersebut di HP Huawei kamu.
  • Kalau sudah terinstal, silahkan buka aplikasnya
  • Di halaman utama aplikasi Dual Space sudah terinstal Play Store. Silahkan klik Google Play Store
  • Lalu download dan instal aplikasi / produk Google seperti Gmail, Youtube dan lain-lain disini.
  • Aplikasi yang sudah terdownload tidak akan muncul di menu Huawei melainkan dalam menu DualSpace.
  • Selesai
Jadi setiap kali kamu hendak menggunakan produk dari Google atau aplikasi yang sudah didownload di Play Store Dual Space, kamu harus membuka DualSpace terlebih dahulu baru menggunakan aplikasi tersebut.

2. Cara Instal Playstore di Huawei Menggunakan Googlefier

Googlefier adalah sebuah aplikasi yang mampu menginstal aplikasi Google ke HP Huawei dan Honor. Apk ini ditemukan oleh seorang anggota di forum XDA Developer. Untuk mendownload aplikasi Googlefier bisa melalui link berikut: Download Googlefier Huawei & Honor

Cara kerja aplikasi ini adalah menginstal layanan dasar di perangkat seperti Google Play Store dan GMS. Setelah terhubung ke Google maka kamu bisa menggunakan kembali semua aplikasi Google di HP Huawei dan Honor.

Namun salah satu kendala ketika menggunakan Googlefier adalah jangan mengupgrade perangkat lunak di HP Huawei ke EMUI 11 karena Googlefier tidak akan berfungsi di perangkat tersebut.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Instal Google Play Store di Huawei, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard