Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat QR Code Berisi Teks Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja

QR Code atau yang juga dikenal dengan Kode QR atau Kode RC adalah bentuk Evolusi kode batang dari satu dimensi ke dua dimensi.

Saat ini penggunaan QR Code sudah sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya saja ada QR Code pembayaran, QR Code password Wifi, QR Code menu makanan, QR Code toko online, QR Code harga dan lain-lain. QR Code biasanya dilekatkan pada produk, poster, spanduk, aplikasi smartphone dan berbagai macam media yang mudah dilihat dan dijangkau orang lain.

Untuk membuat QR Code sekarang ini sangatlah mudah. Sudah banyak sekali aplikasi maupun situs web pembuat QR Code gratis bertebaran di internet. Bahkan pembuat QR Code tersebut menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan, salah satunya kamu bisa menentukan apa isi Kode QR tersebut misalnya teks / tulisan.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat QR Code berisi teks atau tulisan tanpa aplikasi tambahan di HP android / iOS (iPhone), laptop dan komputer. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat QR Code Berisi Teks / Tulisan Tanpa Aplikasi

Di internet, ada banyak sekali situs website yang bisa digunakan untuk membuat QR Code berisi teks atau tulisan secara gratis tanpa aplikasi, salah satunya adalah QRCode Monkey - The 100% Free QR Code Generator.

Nah berikut ini cara menggunakan QRCode Monkey untuk membuat barcode secara gratis:

  • Pertama, buka browser di HP (Android / iOS) atau di PC (laptop / komputer).
  • Masuk ke laman website QRCode Monkey melalui link berikut: https://www.qrcode-monkey.com
  • Jika sudah berada di beranda web, klik Text lalu masukkan teks atau tulisan yang akan dibuatkan QR Code di bagian Your Text
  • Kemudian atur warna QR Code di bagian Set Colors. Disini kamu bebas memilih warna apa saja yang akan diterapkan pada QR Code yang akan kamu buat. Kamu bisa memilih satu warna saja (Single Color) atau bisa menggunakan perpaduan Warna (Color Gradient).
  • Kamu juga bisa menyertakan logo pada QR Code yang dibuat pada bagian Add Logo Image. Caranya, klik Upload Image → pilih logo dalam folder → Open. Usahakan menggunakan gambar logo dengan format PNG (tanpa latar belakang).
  • Atur juga desain QR Code di bagian Customize Design. Disini kamu bisa mengatur dan mengubah Body Shape, Eye Frame Shape dan Eye Ball Shape
  • Jika semuanya sudah diatur, silahkan klik Create QR Code lalu tunggu beberapa saat sampai Kode QR berhasil dibuat. Jika sudah dibuat, silahkan download Code QR tersebut dengan menekan Download PNG. Selain mendownload QR Code dalam bentuk gambar PNG, kamu juga bisa mendownloadnya dalam bentuk file PDF, SVG dan EPS
  • Maka QR Code yang sudah dibuat akan tersimpan ke perangkat kamu.
  • Selesai.

Cara Membuat QR Code Berisi Teks / Tulisan di Telegram

Selain menggunakan situs website, kamu juga bisa membuat QR Code berisi teks atau tulisan di aplikasi Telegram dengan mudah dan cepat.

Jadi di Telegram, ada sebuah bot yang mampu mengubah pesan teks atau tulisan yang dimasukkan menjadi Code QR secara langsung. Disamping itu, bot ini juga bisa digunakan untuk men-scan segala macam Code QR dan hasilnya akan langsung ditampilkan dalam chatroom bot.

Untuk pembahasan cara membuat Kode QR berisi teks di Telegram sudah saya paparkan di artikel sebelumnya.

Artikel Terkait: Cara Membuat QR Code Berisi Teks di Telegram

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat QR Code Berisi Teks atau Tulisan Tanpa Aplikasi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard