Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Catatan Kaki / Footnote di Google Docs

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat sebuah karya tulis ilmiah entah itu makalah, skripsi, jurnal, tesis, disertasi dan lain-lain, salah satu unsur yang wajib di cantumkan adalah catatan kaki.

Catatan kaki atau Footnote adalah catatan yang berada di bagian bawah dari halaman pada karya ilmiah. Adapun fungsi catatan kaki sebagai tempat mencantumkan identitas atau sumber rujukan dari pengutipan informasi yang telah ditulis di karya ilmiah pada bagian badan teks atau badan paragraf.

Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi, software maupun situs web pembuat dan pengolah dokumen yang bisa digunakan untuk membuat catatan kaki, salah satunya Google Docs. Saya yakin kamu sudah tidak asing lagi dengan layanan ini bukan?

Google Docs atau Google Dokumen merupakan layanan pengolah kata, spreadsheet, presentasi, formulir, dan penyimpanan data berbasis web gratis yang disediakan oleh Google. Layanan ini sangat membantu dalam membuat berbagai macam hal yang berhubungan dengan pembuatan dokumen salah satu contohnya pembuatan karya ilmiah.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat catatan kaki atau footnote di Google Docs dengan mudah. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Catatan Kaki / Footnote di Google Docs

Untuk membuat footnote pada Google Docs terlebih dahulu kamu harus tahu format penulisan catatan kaki yang baik dan benar. Untuk format catatan kaki tidak akan saya bahas di artikel ini, silahkan cari di google karena sudah banyak yang membahasnya.

Saya hanya akan berfokus pada tutorial atau langkah-langkah membuat catatan kaki menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Google Docs. 

  • Pertama buka layanan Google Docs / Google Document melalui link berikut: https://docs.google.com
  • Buat dokumen Kosong dimana dokumen tersebut akan ditempati untuk membuat karya ilmiah
  • Di dokumen yang terbuka, silahkan ketik tugas karya ilmiah
  • Untuk membuat footnote, tempatkan kursor di akhir teks pada paragraf lalu ke menu Sisipkan dan pilih Catatan kaki (Ctrl+Alt+F)
  • Kemudian tulis catatan kaki pada tempat yang sudah disediakan di bawah halaman kerja dokumen.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Catatan Kaki / Footnote di Google Docs, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard