Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Checkbox di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Checkbox atau kotak centang adalah widget grafis yang memungkinkan pengguna membuat pilihan biner satu opsi, dua opsi atau lebih. Misalnya pengguna harus menjawab ya atau tidak pada sebuah pertanyaan sederhana.

Check Box biasanya berbentuk kotak kecil dan pada kotak tersebut pengguna bisa memberi tanda silang atau tanda centang / checklist secara otomatis. Salah satu program aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat checkbox adalah Microsoft Office.

Pada artikel saya sebelumnya, saya sudah membahas mengenai cara membuat kotak centang di Excel, dan pada pembahasan kali ini saya juga akan memaparkan bagaimana cara membuat checkbox di Microsoft Word. Mengingat fiturnya agak sedikit tersembunyi sehingga beberapa orang pasti akan kesusahan membuatnya.

Cara Membuat Checkbox di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Pada pembahasan kali saya akan menggunakan Microsoft Word 2013 untuk membuat checklist box / kotak centang, namun cara ini juga tidak terlalu jauh berbeda jika kamu pengguna MS Word 2007, 2010, 2016 maupun 2019.

Tutorial:

  • Pertama, buka program aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer
  • Munculkan dulu tab menu Developer dengan cara klik Customize Quick Access ToolbarMore Commands...
  • Silahkan ke Customize Ribbon lalu aktifkan tanda centang di Developer. Jika sudah klik OK untuk menyimpan pengaturan
  • Untuk membuat Checkbox, silahkan ke tab menu Developer lalu ke grup Control dan klik Check Box Content Control

  • Maka secara otomatis checklist box akan muncul di lembar kerja
  • Untuk membuat check box yang lain, silahkan ulangi langkah-langkah diatas. Kamu juga bisa menambahkan teks keterangan disamping check box. Kemudian cara memberi tanda silang (checklist) pada kotak yang sudah dibuat di Word, kamu tinggal klik langsung pada kotaknya.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Checkbox di Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard