Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat CV di WPS Office HP Android dan iPhone

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

CV (Curriculum Vitae) atau kalau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang dan berbagai macam kualifikasi lainnya.

CV biasanya banyak digunakan untuk kebutuhan melamar kerja entah itu di instansi pemerintahan, swasta, perusahaan dan lain-lain. Dan saya juga yakin, saat sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan salah satu dokumen yang harus dilampirkan adalah Curriculum Viate / CV.

Lalu apa fungsi dari CV itu sendiri? Jadi CV berfungsi untuk meyakinkan si pemberi kerja bahwa kamu mempunyai keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut, tentunya sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar yah. Dokumen ini sangat cocok bagi fresh graduate yang baru ingin melamar pekerjaan atau orang yang ingin berganti tempat bekerja entah itu masih sesuai dengan bidangnya dulu maupun yang berbeda.

Dalam membuat daftar riwayat hidup, usahakan buat CV yang disukai oleh HRD atau sesuai dengan standar CV ATS Friendly. Untuk membuat CV ATS Friendly di HP android atau iPhone / iOS, sudah banyak aplikasi pembuat CV gratis yang sudah menyediakan template CV keren dan menarik sehingga bisa langsung kamu gunakan tanpa perlu repot-repot lagi membuat dan mengatur desainnya. 

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat CV (Curriculum Vitae) yang menarik dan keren di HP android dan iPhone menggunakan aplikasi WPS Office. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya.

Aplikasi Pembuat CV Gratis di HP Android dan iPhone

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi pembuat CV lamaran kerja gratis dan online yang bisa kamu gunakan membuat daftar riwayat hidup, salah satunya WPS Office. 

WPS Office adalah seperangkat alat kerja kantoran dimana aplikasi ini mampu melakukan berbagai macam hal seperti pembuatan dokumen, spreadsheet, presentasi, pdf dan berbagai macam tugas lainnya diseputar pengelolahan dokumen dan berkas.

Di WPS Office terdapat template CV gratis yang bebas kamu gunakan untuk lamaran kerja. Namun sayangnya, template tersebut hanya tersedia dalam bahasa Inggris. Namun kamu bisa mengganti bahasanya menjadi bahasa Indonesia berhubung kita bisa leluasa mengedit template tersebut.

Kalau menurut saya, WPS Office merupakan aplikasi pembuat CV terbaik. Aplikasi ini bisa kamu download dan instal di segala perangkat misalnya di HP android dan iPhone / iOS.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Menarik di WPS Office

Berikut ini cara membuat CV lamaran kerja yang menarik dan keren di HP android dan iPhone menggunakan aplikasi WPS Office:

  • Pertama, buka aplikasi WPS Office di HP android atau iOS
  • Buat dokumen baru dengan cara klik icon Tambah (+)

  • Lalu pilih Dokumen
  • Nah di bagian Dokumen Baru kamu akan melihat kumpulan Curriculum Vitae yang bisa kamu gunakan untuk membuat daftar riwayat hidup. Klik Lainnya untuk melihat lebih banyak template. Silahkan pilih salah satu template yang akan digunakan (gunakan CV yang tidak ada icon diamond karena CV dengan icon diamon hanya bisa diakses ketika kamu sudah punya akun WPS premium).
  • Selanjutnya klik Gunakan Sekarang
  • Kemudian kamu akan dibawa ke dokumen lembaran kerja tempat CV terbuka. Silahkan edit CV tersebut misalnya mengganti profil (nama, alamat, tempat/tanggal lahir, dll), pendidikan, pengalaman, skill dan lain-lain.
  • Jika sudah, simpan CV yang sudah dibuat dengan cara klik icon Save
  • Kemudian tentukan lokasi penyimpanan di bagian Jalur. Kamu juga bisa memilih dokumen tersebut disimpan dalam format apa, misalnya .doc, .docx, .txt dan .pdf.
  • Terakhir klik Simpan.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat CV di WPS Office HP Android dan iPhone, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard