Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Download Jurnal Terkunci dan Berbayar Jadi Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sebagai mahasiswa, salah satu referensi yang wajib untuk dimiliki adalah Jurnal penelitian. Jurnal bisa menjadi salah satu sumber referensi dalam proses perkuliahan entah itu dalam membuat tugas (makalah, skripsi, paper, tesis, dll), sebagai bahan dalam kelas, maupun sebagai referensi pribadi.

Nah apa itu jurnal ilmiah? Dilansir dari situs Sosiologis, Jurnal ilmiah adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa laporan penelitian terbaru dengan tujuan untuk memajukan ilmu pengetahuan. Jurnal ilmiah merupakan salah satu bentuk media publikasi karya tulis ilmiah.

Di internet, ada banyak sekali situs penyedia jurnal nasional (Indonesia) maupun jurnal internasional yang bisa kamu akses secara gratis maupun berbayar / terkunci. Yah walaupun kebanyakan berbayar sih.

Namun jurnal yang terkunci dan berbayar tersebut masih bisa kamu dapatkan secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, caranya dengan mendownloadnya menggunakan bot Telegram Sci-Hub.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mendownload jurnal yang terkunci dan berbayar jadi gratis di HP android dan iPhone menggunakan bot Telegram Sci-Hub. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Apa Itu Bot Telegram Sci-Hub?

Sci-Hub adalah sebuah mesin pencari online yang mempunyai lebih dari 88 juta makalah, artikel maupun jurnal akademik yang dapat diunduh secara langsung tanpa adanya pemblokiran dari penerbit. Tulisan yang baru diunggah setiap hari bisa diakses melalui server lembaga pendidikan, tulisan yang diakses tersebut melalui Sci-Hub sudah tersimpan di server LibGen sehingga bisa diunduh secara gratis.

Sci-Hub juga mempunyai sebuah bot Telegram dengan username @scihubot. Bot Telegram Scihub mampu mendownload berbagai macam artikel dan jurnal penelitian ilmiah hanya dengan mengirimkan url/link maupun DOI dari tulisan tersebut.

Jika jurnal yang dimaksud ada dalam database, akan langsung dimunculkan secara otomatis ke chatroom bot Sci-Hub dalam bentuk file PDF. File tersebut bisa langsung di download dan dibaca untuk dijadikan referensi.

Link Bot Sci-Hub Telegram Untuk Download Jurnal PDF

Untuk menemukan bot Telegram Scihub di Telegram, kamu bisa menggunakan link berikut: https://t.me/scihubot. Namun perlu saya tekankan bahwa link bisa sewaktu-waktu berubah dan tidak aktif misalnya karena botnya dihapus oleh pihak Telegram. Oleh karena itu kamu bisa mencari menggunakan username @scihubot untuk alternatif bot Telegram Sci-Hub yang lain.

Cara Download Jurnal Terkunci dan Berbayar Jadi Gratis di Sci-Hub

Berikut ini tutorial atau cara mendownload jurnal yang terkunci dan berbayar jadi gratis menggunakan bot Telegram Sci hub:

  • Pertama, cari jurnal yang terkunci dan berbayar di internet yang akan kamu download.
  • Kemudian salin link atau DOI jurnal
  • Buka aplikasi Telegram di HP android, iPhone / iOS atau di Telegram Web
  • Kemudian cari dan buka bot Telegram LibGen Sci-Hub. Link dan username bot sudah saya cantumkan diatas.
  • Jika sudah berada dalam chatroom bot, klik Start untuk memulai bot
  • Tempelkan Link atau DOI yang sudah disalin tadi lalu kirim
  • Tunggu beberapa saat maka jurnal PDF akan langsung dimunculkan dalam chatroom bot Scihub.
  • Untuk mendownload jurnal, klik Titik Tiga pada file lalu klik Simpan ke unduhan
  • Selesai.

Cara Download Jurnal Berbayar Selain Sci-Hub

Banyak warganet khususnya mahasiswa juga bertanya-tanya: adakah cara download jurnal berbayar selain Scihub? Saya tidak tahu yah alasan kenapa mereka tidak suka atau tidak mau menggunakan Libgen Sci-Hub, tapi satu yang pasti mungkin jurnal yang dicari tidak bisa didownload melalui platform tersebut atau jurnalnya tidak tersedia di database.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendownload jurnal yang terkunci dan berbayar selain menggunakan Scihub dan tutorial tersebut sudah saya paparkan di artikel-artikel saya sebelumnya. Kamu bisa baca melalui link dibawah ini.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Download Jurnal Terkunci dan Berbayar Jadi Gratis, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba,terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard