Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuka Jurnal yang Terkunci dan Berbayar Gratis

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Bagi kamu yang sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi, jurnal menjadi salah satu referensi yang sangat diperlukan dalam pembuatan tugas seperti makalah, skripsi, paper dan berbagai macam karya ilmiah lainnya.

Bukan hanya mahasiswa, dosenpun sangat membutuhkan jurnal sebagai referensi mereka dalam mengajar maupun membuat tulisan-tulisan ilmiah. Namun sayangnya jika kita mencari jurnal di internet, ada banyak sekali jurnal yang aksesnya sangat terbatas dan bahkan terkunci sehingga untuk bisa mendapatkan jurnal tersebut harus menjadi member premium atau mengupgrade akun ke versi pro dengan membayar sejumlah uang.

Biasanya jurnal seperti ini yang dimunculkan hanya abstraknya saja dan untuk isi jurnal seperti landasan teori/studi literatur, laporan penelitian, dan lain-lain tidak akan ditampilkan. Namun jika kamu sangat membutuhkan jurnal tersebut, masih ada cara lain untuk membuka jurnal yang terkunci, berbayar atau memelukan akses khusus secara gratis dan online.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan membahas mengenai cara membuka jurnal yang terkunci dan berbayar secara online dan gratis dengan bantuan sebuah website. 

Situs Website Membuka Jurnal yang Terkunci

Di internet ada banyak sekali situs website yang bisa digunakan untuk membuka jurnal yang terkunci maupun berbayar secara gratis, salah satunya adalah Sci-Hub: Removing Barriers in the Way of Science.

Scihub merupakan sebuah situs pertama di dunia yang menyediakan akses massal dan publik ke jutaan makalah penelitian dan jurnal di seluruh dunia. Perlu diketahui bahwa saat ini ada lebih dari 87.991.875 jurnal dan makalah yang ada di perpustaan Sci-Hub yang meliputi jurnal internasional maupun jurnal dalam negeri. 

Sekarang ini, pendistribusian makalah penelitian, sumber ilmiah, jurnal maupun penunjang pendidikan lainnya secara artifisial dibatasi oleh undang-undang hak cipta. Hukum seperti ini sangat memperlambat perkembangan ilmu pengetahuan dalam masyarakat. 

Untuk itulah Proyek Sci-Hub yang berlangsung sejak 5 September 2011 menantang hal ini sehingga Sci-Hub menyediakan akses ke ratusan ribu makalah penelitian setiap harinya dan bisa kamu akses secara gratis.

Berhubung url Scihub sering berubah-ubah, jika satu link tidak bisa digunakan maka kamu bisa menggunakan link yang lain. Berikut ini beberapa link website Scihub yang masih aktif sampai saat ini:

  • https://sci-hub.se/
  • https://sci-hub.mksa.top/
  • https://sci-hub.tf/
  • https://sci-hub.ee/
  • https://sci-hub.tw
  • https://sci-hub.shop
  • https://sci-hub.cc
  • https://sci-hub.st
  • https://sci-hub.do

Cara Membuka Jurnal yang Terkunci dan Berbayar

Berikut ini tutorial atau cara membuka jurnal yang terkunci, berbayar dan memiliki akses khusus menggunakan Sci-Hub:

  • Pertama, buka jurnal yang terkunci ataupun berbayar lalu salin linknya. Misalnya disini saya sudah punya satu jurnal yang ingin saya download tapi jurnalnya terkunci
  • Kemudian buka browser (google chrome, mozilla firefox, operamini, etc) di laptop atau HP kamu dan di kolom pencarian ketik "Sci-Hub" lalu cari. Jika webnya sudah muncul, silahkan di klik maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman utama Scihub.
  • Tempelkan (paste) link/url yang sudah disalin pada kolom yang tersedia lalu klik Open
  • Tunggu beberapa saat sampai jurnalnya berhasil di buka. Jika sudah terbuka, kamu bisa langsung mengunduh jurnalnya dengan cara klik icon Download
  • Tentukan lokasi tempat kamu akan menyimpan dokumen dan juga nama dokumen. Terakhir klik Save untuk menyimpan dokumen ke perangkat kamu.

Walaupun sampai sekarang Sci-hub masih menjadi polemik di masyarakat mengenai apakah platform ini menjadi penolong masyarakat ataukah malah menjadi penghambat perkembangan sains dunia karena dapat menyediakan akses gratis ke berbagai jurnal dan makalah penelitian.

Namun satu hal yang pasti bahwa platform buatan Alexandra Elbakyan ini sangat membantu saya sebagai mahasiswa untuk mendapatkan referensi jurnal tak terbatas. Mengingat biaya berlanganan publikasi itu terlalu mahal terutama bagi mahasiswa sehingga sulit mengakses penelitian yang sudah ada pada publikasi berbayar atau paywall. 

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuka Jurnal yang Terkunci dan Berbayar Gratis, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard