Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat QR Code Berisi Gambar Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

QR Code (Quick Response Code) atau yang biasa juga dikenal dengan istilah Kode QR atau Kode RC adalah bentuk evolusi dari kode batang satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan QR Code sudah sangat banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada aplikasi di gadget, produk, baliho / spanduk, laman website, kartu nama dan lain sebagainya.

QR Code biasanya memiliki tampilan berbentuk kotak hitam maupun putih dan biasanya berisi berbagai macam hal seperti url / link, gambar, teks, VCard, email dan berbagai macam informasi lainnya. Untuk bisa mengetahui informasi tersebut, Code QR / barcode harus di scan terlebih dahulu menggunakan aplikasi pembaca QR Code di HP atau PC.

Untuk membuat QR Code tanpa aplikasi sangatlah mudah, sekarang ini sudah banyak sekali situs website di internet yang bisa kamu gunakan untuk membuat QR Code berisi gambar, salah satunya adalah QRCode Monkey. Dengan menggunakan situs ini, kamu bisa membuat QR Code yang disertai dengan gambar logo, jadi saat QR Code sudah dibuat tampilannya bukan hanya seperti kotak hitam dan putih tetapi juga ada gambar logo di tengah-tengan gambar QR Code.

Disamping itu, kamu juga bisa membuat QR Code yang isinya adalah gambar / foto dari kamu. Namun sebelum itu, kamu harus registrasi akun dulu sebelum bisa menggunakan fiturnya.

Ini tentu akan sangat berguna terutama jika kamu adalah seorang pelaku usaha / bisnis dan ingin membuat QR Code tentang produk. Kamu bisa menyematkan logo usahamu di Kode QR yang dibuat agar orang lain mudah mengenali kalau kode itu buatan kamu.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat QR Code berisi gambar tanpa aplikasi di HP android / iOS maupun PC (laptop dan komputer). Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat QR Code Berisi Gambar Tanpa Aplikasi

Berikut ini tutorial membuat QR Code berisi gambar / foto tanpa aplikasi menggunakan situs website QRCode Monkey:

  • Pertama, buka browser di HP android / iOS atau PC (laptop / komputer)
  • Buka situs web QRCode Monkey melalui link berikut: https://www.qrcode-monkey.com/
  • Selanjutnya klik More Lalu pilih Image Gallery. Lalu silahkan mendaftar menggunakan akun Google, Email atau Facebook
  • Jika sudah login maka kamu akan diarahkan ke laman QR Code GeneratorBuat QR Code yang berisi gambar dengan cara scroll kebawah lalu klik Image lalu klik Next
  • Kemudian atur nama QR Code, desain, masukkan gambar dan juga informasi lainnya seperti title, deskripsi, website (jika ada) dan lain-lain. Kamu bisa melihat tampilannya ketika sudah discan nanti di bagian Preview. Jika sudah klik Next
  • Tunggu beberapa saat sampai Kode QR selesai dibuat. Di bagian ini kamu bisa menyesuaikan tampilan Frame, QR Code ataupun menyertakan gambar logo di Code QR yang akan dibuat. Jika semua sudah diatur, klik Download.
  • Maka secara otomatis QR Code akan terdownload dan disimpan ke perangkat kamu.
  • Selesai.

QR Code yang sudah dibuat kemudian bisa kamu kirimkan kepada orang lain, dicantumkan di baliho / poster, atau ditempelkan di ruangan agar orang lain bisa menscan dan melihat isi QR Code tersebut. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat QR Code Berisi Gambar Tanpa Aplikasi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard