Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Ucapan Menggunakan Barcode / QR Kode

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Setiap orang pasti punya hari spesial dalam hidupnya entah itu hari ulang tahun, baru habis wisuda, mendapat pekerjaan baru, mendapatkan pasangan (pacar, suami/istri), ada pecapaian dalam pekerjaan, hari raya natal dan lain-lain. Saat seseorang sedang berbagahagia karena beberapa hal yang sudah saya sebutkan diatas, salah satu tradisi yang biasa dilakukan adalah memberikan ucapan selamat dan turut berbahagia karena pencapaian tersebut.

Biasanya kita akan mengirimkan kado ataupun sekedar memberi ucapan selamat melalui pesan yang dikirim di HP. Namun cara tersebut sudah sangat lazim. Kenapa tidak mencoba memberikan ucapan yang mungkin berbeda dari orang lain misalnya pesan ucapan melalui barcode atau QR Code.

Sebagai contoh, pasangan kamu sedang ulang tahun. Kamu bisa membuat barcode ucapan ulang tahun yang romantis kemudian mengirimkan barcode tersebut kepadanya. Pasti dia akan penasaran apa isi Barcode tersebut dan men-scannya di HP. Ketika selesai di scan, pesan dalam QR Code tersebut akan muncul dan bisa dibaca. 

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat ucapan menggunakan Barcode / Code QR tanpa aplikasi di HP android dan iOS / iPhone dengan mudah. Penasaran? Yuk langsung saja disimak ulasannya berikut.

Situs Website Buat Barcode / QR Code Gratis

Di internet, ada banyak sekali QR Code Generator yang bisa digunakan untuk membuat barcode yang bisa discan secara gratis. Salah satu situs tersebut adalah barcode-generator.org

Melalui situs ini, kamu bisa membuat bercam-macam code seperti QR Code, Code 128 (standart), Code 39, UPC-A, dan lain-lain. Fiturnyapun tergolong sangat lengkap karena kamu bisa mengubah URL / link, Vcard, teks / tulisan, Email, SMS, Facebook, PDF, MP3, App Store, dan gambar menjadi QR Code. 

Ketika sudah selesai membuat QR Code, kamu bisa menyimpan QR Code tersebut dalam bentuk gambar dengan format JPG, ESP dan SVG. Apakah gambar QR Code tersebut bisa di scan? Tenang saja, barcode yang sudah dibuat bisa discan kok melalui aplikasi atau fitur scan QR Code yang ada di HP kamu.

Cara Membuat Ucapan Menggunakan Barcode / QR Code

Sebagai contoh di artikel ini saya akan memaparkan cara membuat barcode atau QR Code ucapan ulang tahun buat pacar, keluarga atau teman dekat. Berikut tutorialnya:
  • Pertama, buka browser di HP atau PC (laptop / komputer)
  • Lalu masuk ke situs website Free Barcode Generator melalui link berikut: http://www.barcode-generator.org/
  • Jika sudah berada dalam situsnya, di Create free pilih QR Code. Jika sudah klik Text
  • Kemudian buat pesan ucapan yang akan kamu sampaikan kepada orang lain di Plain Text. Jika sudah, klik Create QR Code
  • Tunggu beberapa saat sampai barcode selesain dibuat. Jika sudah maka akan muncul di bagian sebelah kanan layar. Kamu bisa mengunduh QR Code tersebut namun atur dulu format gambar Kode QR nya lalu klik Download
  • Maka secara otomatis Code QR akan terdownload dan disimpan ke perangkat kamu. Jika filenya terdownload dalam bentuk .zip, ekstrak dulu filenya.
  • Maka gambar QR Code akan langsung muncul.

Kode QR yang sudah dibuat kemudian bisa kamu kirimkan ke orang yang sedang berulang tahun. Namun jangan lupa untuk menyuruhnya men-scan kode tersebut agar pesannya bisa dibaca.

Untuk menscan QR Code, biasanya HP android / iOS keluaran terbaru sudah mempunyai fitur Scan barcode / QR Code. Namun jika HP sang penerima pesan belum punya fitur tersebut, kamu bisa menyarankannya untuk menscan QR Code tersebut melalui Telegram. Tutorialnya sudah saya bahas di artikel saya sebelumnya.

Artikel Terkait: Cara Scan QR Code di Telegram

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Ucapan Menggunakan Barcode / QR Kode, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard