Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat kita mengupload video ke platform Youtube, salah satu bagian yang wajib diatur adalah gambar Thumbnail. Thumbnail bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi sebuah video karena ketika seseorang mencari konten di Youtube untuk ditonton, hal pertama yang akan mereka lihat adalah Thumbnail. Jika Thumbnailnya menarik, otomatis mereka akan langsung mengklik dan menonton video tersebut.

Banyak konten kreator Youtube yang sudah sukses membeberkan tentang SEO Youtube untuk mendapatkan lebih banyak penonton. Selain membuat konten video yang berkualitas, gambar Thumbnail juga menjadi salah satu faktor pendukung agar views video bisa meledak.

Oleh karena itu, dalam membuat Thumbnail tidak boleh sembarangan dan asal-asalan, harus diedit serapi dan sekeren mungkin agar orang yang melihatnya menjadi tertarik.

Untuk membuat gambar Thumbnail, sekarang ini sudah banyak aplikasi android dan iOS yang bisa digunakan, salah satunya Pixellab. Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat dan mengedit Thumbnail Youtube HD di Pixellab. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab

Untuk membuat gambar Thumbnail Youtube menggunakan aplikasi Pixellab, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Pixellab di HP android atau iOS / iPhone
  • Jika sudah berada di halaman pengeditan, atur ukuran layer atau kanvas agar sesuai dengan ukuran Thumbnail Youtube dengan cara klik icon menu Segi Empat lalu pilih Image Size
  • Klik di bagian Preset lalu pilih Youtube thumbnail (Width: 1280 & Height 720). Klik OK untuk menyimpan pengaturan
  • Maka kanvas akan berubah sesuai dengan ukuran standar Youtube Thumbnail. 
  • Selanjutnya kamu sudah bisa membuat dan mengedit Thumbnail Youtube di kanvas tersebut. Gunakanlah kreatifitasmu dan alat yang sudah tersedia untuk membuat gambar Thumbnail yang menarik. Disini ada 5 menu yang bisa digunakan untuk mengedit, berikut fungsi / kegunaan masing-masing menu tsb:
    1. Menu berbentuk lingkaran berisi default template yang sudah disediakan Pixellab. Melalui menu ini juga kamu bisa membuka project / template yang sudah dibuat dan disimpan dalam bentuk file .PLP
    2. Menu berbentuk huruf A digunakan untuk mengatur teks atau tulisan yang sudah dibuat misalnya memberi pewarnaan pada teks, mengatur ukuran teks, memberi efek bold, italic, underline, mengatur opacity, perataaan teks, bayangan dan lain sebagainya.
    3. Menu berbentuk segi lima digunakan untuk memasukkan dan mengedit objek berupa gambar, foto maupun shape.
    4. Menu berbentuk segi empat digunakan untuk mengatur background / latar belakang kanvas.
    5. Menu berbentuk tongkat sihir digunakan untuk mengatur efek pada kanvas misalnya mengatur kontras, pencahayaan, saturasi dan lain-lain.
  • Jika Thumbnail Youtube sudah dibuat, kamu bisa menyimpannya dengan cara klik icon Save lalu pilih Save as image
  • Atur terlebih dahulu format gambar apakah menggunakan PNG atau JPG. Jika sudah, klik Save to gallery
  • Dengan demikian gambar Thumbnail Youtube telah tersimpan ke perangkat kamu dan siap untuk digunakan.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Thumbnail Youtube di Pixellab, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard