Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merapikan Tab Tulisan yang Berantakan di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Tab atau tabulasi di Microsoft Word adalah salah satu fungsi yang berguna untuk mengatur penempatan, posisi dan perataan teks/tulisan dalam kalimat agar nantinya kalimat atau paragraf dapat tersusun rapi dan sejajar.

Untuk mengatur perataan tab biasanya kita menggunakan ruller atau mistar. Ruller ini ada dua jenis, ada Horizontal Ruller yang berada di bagian atas (mendatar) dan Vertical Ruller yang berada di samping kiri lembar kerja.

Biasanya ketika kita mencopy paste tulisan misalnya dari internet ke aplikasi Microsoft Word, tab tulisan menjadi berantakan sehingga perlu diperbaiki kembali agar terlihat rapi.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengatasi tab spasi tulisan/teks, paragraf, kalimat yang berantakan di MS Word secara otomatis. Jadi cara yang akan saya paparkan ini jauh lebih cepat dibandingkan ketika kita merapikannya secara manual melalui Ruller.

Cara Merapikan Tab Tulisan yang Berantakan di Word

Pada pembahasan kali ini, saya akan memperbaiki tab tulisan dalam paragraf yang berantakan menggunakan Microsoft Word 2013. Namun cara ini juga tidak jauh berbeda jika kamu pengguna MS Word versi 2007, 2010, 2016 dan 2019.

Tutorial:

  • Buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer.
  • Kemudian buka dokumen yang tab-nya berantakan dan perlu dirapikan.
  • Blok tulisan/paragraf yang spasinya sudah rapi lalu tekan Ctrl+Shift+C pada keyboard bersamaan
  • Selanjutnya blok tulisan/paragraf yang berantakan dan akan dirapikan, lalu tekan Ctrl+Shift+V di keyboard secara bersamaan.
  • Jika sudah maka paragraf akan rapi kembali mengikuti paragraf pertama yang kita salin tadi.
  • Selesai

Namun jika cara ini tidak berhasil digunakan, maka mau tidak mau kamu harus merapikan tabulasi-nya secara manual melalui fitur Ruller. Caranya cukup mudah, tempatkan kursor pada tulisan yang akan dirapikan dan geser/gerakkan First Line Indent, Hanging Indent atau Left Indent sampai posisi tab dalam paragraf sudah benar-benar rapi.


Dan berikut hasilnya:


Kekurangan dari cara manual ini adalah kita harus merapikan tab tulisan satu persatu karena jika dirapikan sekaligus hasilnya tidak akan sejajar dan malah tambah berantakan. Jadi saya sarankan pakai cara pertama saja. Selain cepat juga mudah dan hasilnya lebih rapi.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merapikan Tab Tulisan yang Berantakan di Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard