Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merapikan Titik Dua di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat membuat dokumen di Microsoft Word misalnya dalam pembuatan surat, tugas kuliah, membuat riwayat hidup / Curriculum Vitae (CV) dan lain-lain, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar dokumen yang dibuat bisa rapi salah satunya adalah mensejajarkan titik dua (:).

Simbol titik dua (2) biasanya dilekatkan diakhir kalimat yang diikuti perincian atau keterangan. Misalnya kamu hendak membuat daftar riwayat hidup, kamu perlu mensejajarkan titik dua antara data diri dan keterangannya agar terlihat lebih rapi (perhatikan gambar dibawah).

Namun sayangnya, masing banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mensejajarkan titik dua di Microsoft Word sehingga daftar riwayat hidup atau tugas yang mereka buat menjadi berantakan. Padahal salah satu kriteria agar kamu bisa diterima bekerja adalah daftar riwayat hidup/ CV yang dibuat harus rapi.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara merapikan titik dua di Word agar dokumen yang kamu buat bisa terlihat rapi dan profesional.

Cara Merapikan Titik Dua di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Umumnya untuk merapikan titik dua di Micorosoft Word kebanyakan orang masih menggunakan spasi pada keyboard padahal cara tersebut adalah cara yang kuno dan titik dua antar kalimat juga tidak benar-benar sejajar. Disamping itu, ketika kita membuka dokumen tersebut di perangkat lain misalnya di word HP android / iOS (iPhone), paragraf menjadi sangat berantakan.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mensejajarkan tulisan setelah titik dua. Namun sebelum itu, disini saya akan merapikan titik dua menggunakan MS. Word 2013. Namun cara ini tidak jauh berbeda jika kamu pengguna Word 2007, 2010, 2016 dan 2019.

1. Merapikan Titik Dua Menggunakan Tombol Tab

Tombol tab pada keyboard memiliki fungsi untuk memindahkan kursor dalam satu tabulasi ke arah kanan. Tombol ini umumnya digunakan untuk mensejajarkan kalimat yang dipisahkan oleh titik dua seperti pembuatan CV.

Nah berikut ini cara merapikan titik dua menggunakan tombol tab pada keyboard:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di laptop atau komputer.
  • Kemudian buat sebuah tugas misalnya disini saya membuat daftar riwayat hidup. Untuk merapikan titik dua antar kalimat, tempatkan korsor di akhir kata sebelum titik dua lalu tekan tombol Tab pada keyboard.
  • Jika sudah maka kursor akan berpindah satu tabulasi dalam paragraf. Jika kamu menekan dua kali Tab maka kursor akan berpindah dua tabulasi dan seterusnya.

2. Merapikan Titik Dua menggunakan Ruller

Ruller atau penggaris pada Microsoft Word berfungsi untuk mengatur dan menyelaraskan berbagai macam elemen yang dibuat dalam dokumen word seperti teks, gambar, tabel, simbol dan lain-lain. Jadi fitur ini juga bisa juga digunakan untuk mensejajarkan titik dua antar kata. 

Nah berikut ini cara merapikan titik dua di MS Word menggunakan fitur Ruller / Penggaris:

  • Pertama, buat tugas di Microsoft Word misalnya daftar riwayat hidup
  • Selanjutnya tempatkan kursor sebelum titik dua antar kata lalu tekan tombol Tab satu kali
  • Kemudian klik di fitur Ruller untuk membuat Left Tab
  • Kemudian geser Left Tab yang sudah dibuat agar sejajar dengan titik dua yang lain.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merapikan Titik Dua di Microsoft Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard