Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mendapatkan Traffic Blog Dari Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Menjadi seorang Blogger bukan hanya membuat konten dalam bentuk artikel. Selain itu, kita juga harus mengoptimasi website / blog agar mendapatkan pengunjung atau pembaca. Kan rugi-rugi juga kalau misalnya kita sudah capek-capek menulis tapi tidak ada seorangpun yang membaca tulisan-tulisan kita.

Disamping itu, jika kamu sudah memonetisasi blog melalui jaringan periklanan seperti Adsense, kamu juga tidak akan mendapatkan uang kalau pengunjungnya sedikit bahkan tidak ada karena patokan agar bisa cuan dari platform periklanan seperti itu adalah pembaca yang mengunjungi blog kita kemudian melihat dan mengklik iklan yang ditayangkan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan trafik atau pembaca ke blog misalnya melalui optimasi SEO on page dan SEO off page. Selain melalui optimasi, kamu juga bisa membagikan artikel yang sudah dibuat ke sosial media untuk mendapatkan pembaca. Nah salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk membagikan tulisan kamu agar adalah ke Telegram.

Pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mendapatkan traffic atau pembaca dari aplikasi Telegram mulai dari nol. Jadi saya akan membagikan hasil riset yang telah saya lakukan selama kurang lebih 1 bulan. Disini saya membuat kolam sendiri hingga bisa mendapatkan pengunjung tetap setiap harinya ke blog yang saya kelola dari aplikasi Telegram. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Trik Mendapatkan Banyak Pembaca di Telegram

Sudah tidak diragukan lagi kalau Telegram merupakan salah satu aplikasi chat dengan pengguna yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia. Banyak orang juga menggunakan Telegram untuk mencari informasi, mendownload file (gambar, video, dokumen, lagu, menonton film) dan lain-lain. Ini bisa kamu gunakan untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dari Telegram karena fungsi Telegram sekarang ini hampir sama seperti search engine seperti Google, Bing, Yandex dan lain-lain.

Trus bagaimana trik mendapatkan banyak pembaca dari Telegram? Berikut beberapa fitur Telegram yang bisa mendatangkan banyak pembaca ke blog atau website yang kamu kelola:

1. Mendapatkan Trafik dari Grup Telegram

Grup Telegram adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi Telegram yang memberikan ruang untuk berduskusi dengan banyak orang dalam satu komunitas. Di Telegram ada banyak sekali grup Telegram yang diperuntukkan komunitas tertentu.

Ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pembaca misalnya saja kamu bergabung dengan grup fans KPOP BTS. Otomatis anggota grup selalu menanti informasi terbaru tentang idola mereka. Nah kamu bisa menulis seputar aktifitas BTS atau segala hal tentang BTS lalu membagikannya di grup tersebut. Niscaya banyak fans berat akan langsung mengklik link blog kamu untuk membaca artikel yang kamu tulis.

Namun jangan juga terlalu menshare link dengan membabi buta karena nanti kamu akan disilent oleh admin grup atau bahkan di keluarkan dari grup. Namun alangkah lebih bagus kalau kamu membangun komunitas sendiri dengan membuat grup Telegram dan selalu membagikan info-info terbaru kedalamnya melalui artikel. Buat judul grup dan link grup Telegram yang relevan dan simple agar grup yang kamu buat mudah dicari orang lain.

2. Mendapatkan Pembaca dari Channel Telegram

Channel Telegram adalah sebuah saluran khusus yang ada di aplikasi Telegram. Disini, kamu bisa berkomunikasi dengan banyak orang yang mengikuti / subscribe channel kamu. Bedanya grup Telegram dengan channel Telegram adalah jika di grup orang lain bisa dengan bebas mengomentari postingan sedangkan di channel mereka tidak bisa mengomentari atau mengirim pesan. Ini kurang lebih sama seperti siaran radio dalam bentuk pesan teks, gambar, video maupun suara.

Mungkin kamu sudah biasa mencari dan mendownload file entah itu video, film, gambar, aplikasi maupun dokumen dari channel Telegram. Namun pernahkah kamu berfikir untuk membuat kolam sendiri menggunakan channel Telegram? Ini bisa jadi peluang untuk mendapatkan lebih banyak pembaca dari Telegram misalnya kamu membuat channel download film, kamu tinggal mencantumkan link blog kamu di channel tersebut. Tapi usahakan membuat link yang menarik dalam bentuk buttom link agar channel Telegram yang kamu kelola terlihat lebih rapi dan profesional sehingga banyak orang yang mengikutinya.

3. Mendapatkan Visitor dari Bot Telegram

Bot Telegram adalah sebuah perangkat lunak yang mampu menjalankan tugas secara otomatis dan seringkali bertindak sebagai orang sungguhan dengan menjawab setiap perintah yang diberikan oleh user.

Jika kamu sering menggunakan bot Telegram, mungkin kamu akan melihat beberapa link website yang disisipkan entah itu pada menu perintah ataupun pada deskripsi yang muncul pertama kali dalam chatroom ketika bot dibuka. 

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan pengunjung dari Telegram dengan membuat sebuah bot sederhana dengan perintah seadanya. Kemudian sisipkan buttom link kedalam menu bot tersebut sehingga ketika orang mengklik fitur menu, ia akan diarahkan secara langsung ke blog yang kamu kelola. Untuk cara membuat bot Telegram serta beberapa pengaturan dididalamnya telah saya ulas secara lengkap di artikel-artikel saya sebelumnya. Silahkan cari di menu Telegram dalam blog ini.

Cara Mendapatkan Traffic Blog / Website di Telegram

Seperti yang saya utarakan diatas bahwa saya akan membagikan trik yang saya gunakan untuk mendapatkan banyak pembaca dari aplikasi Telegram. Dibawah ini penampakan trafik saya dari Telegram setelah satu bulan menerapkan cara ini.

Nah bagaimana cara mendatangkan pembaca ke blog/website di Telegram? Berikut tutorialnya:

  • Pertama, buat sebuah bot sederhana di Telegram dengan fitur-fitur menu dan perintah seadanya saja. Usahakan bot yang kamu buat adalah bot yang banyak dicari orang, misalnya disini saya membuat resoomer bot (bot meringkas/resume otomatis)
  • Kemudian buat artikel di blog kamu yang sehubungan dengan topik bot yang dibuat. Misalnya "cara meringkas secara otomatis"
  • Buat channel Telegram lalu masukkan artikel yang sudah kamu buat. Usahakan menggunakan buttom link agar tampilannya lebih menarik.
  • Di menu bot yang dibuat, sisipkan link yang mengarah ke channel tersebut. Jadi ketika orang mengklik menu bot, dia akan diminta mengunjungi channel Telegram berisi link "cara meringkas otomatis". Tekankan juga kepada pengunjung untuk mensubscribe channel kita
  • Karena sangat membutuhkan tools meringkas otomatis, mau tidak mau dia akan mengklik buttom link tersebut yang mengarah langsung ke situs web kita.

Nah mungkin ada diantara kamu yang bertanya: kenapa tidak langsung saja disisipkan link blog di bot Telegram? Jawabannya karena saya disini ingin menyiapkan kolam trafik dengan channel Telegram. Orang biasanya hanya sekali saja mengunjungi bot kita apalagi jika botnya abal-abal lalu menghapusnya dari list botnya. Sedangkan di channel Telegram, apabila dia sudah subscribe dia akan terus mendapatkan notifikasi ketika kita mempublish link artikel apalagi jika artikelnya bermanfaat. 

Disamping itu, mempunyai channel Telegram dengan banyak subscriber bisa jadi aset kedepannya untuk share link artikel sehingga kita mendapatkan banyak pembaca.

Amankah Traffic Blog Dari Telegram?

Apakah aman mendapatkan traffic atau pembaca untuk blog / website dari Telegram khususnya jika kita menggunakan program periklanan Adsense? Selama pengalaman saya sih aman-aman saja. Selama trafik dari Telegram diimbangi dengan traffic organik dari search engine seperti Google, Bing, Yandex dan lain-lain.

Jasa Pembuatan Bot dan Channel Telegram

Siapa tahu kamu juga ingin membuat kolam sendiri di Telegram dan mendapatkan banyak pembaca ke blog / website. Namun sayangnya kamu tidak tahu cara membuat bot dan channel Telegram seperti diatas, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan bot Telegram dan Channel Telegram dari bloggertoraja.com.

Disini kami hanya mematok harga Rp.100.000,- sampai Rp.150.000,- saja. Kamu sudah mendapatkan bot Telegram dan channel Telegram yang sudah jadi dan telah disisipi link blog kamu. Tertarik? Silahkan hubungi admin melalui kontak yang tersedia di situs ini.

Kesimpulan dan Penutup

Mungkin itu saja sedikit pengalaman yang saya bagikan kepada para blogger sekalian mengenai Cara Mendapatkan Traffic Blog / Website Dari Telegram. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard