Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Button Link Menu di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Buat kamu pengelola channel Telegram, mungkin saat ini kamu sedang mencari bagaimana cara membuat tombol menu dimana dalam tombol tersebut berisi link/url blog, website, link jualan atau bahkan link menuju ke bot, channel atau grup Telegram kamu sendiri. 

Jika kita langsung mempublikasikan link di channel Telegram, sudah pasti tampilannya kurang rapi dan tidak enak dilihat. Disamping itu akan memakan ruang dalam chat room karena akan ditampilkan juga preview isi dari link Tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuat button link di Telegram. Button link ini tampilannya seperti menu dan ketika di klik akan langsung diarahkan ke url yang sudah dicantumkan nantinya. Dengan cara ini, channel Telegram yang kamu kelola akan terlihat lebih profesional dan menarik. Disamping itu, tampilannya juga akan rapi.

Contoh Button Link Channel Telegram

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat button link menu di channel Telegram dengan mudah. Untuk membuatnya, kita akan menggunakan bantuan bot Toolkit.

Cara Membuat Button Link di Channel Telegram

Untuk membuat Button Link menjadi tulisan menu di channel Telegram, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Telegram di HP android atau IOS.
  • Cari bot Telegram @toolkitbot. Jika sudah berada dalam chatroom, klik Start untuk memulai bot.
  • Buka channel Telegram yang akan ditambahkan fitur Button Link lalu tambahkan Toolkitbot menjadi admin dengan cara klik profil channelAdminTambah admin → cari toolkitbot di kolom pencarian lalu klik → aktifkan sakelar pada Tambahkan Admin Baru → terakhir klik icon centang untuk menyimpan pengaturan. Jika sudah maka Toolkitbot telah ditambahkan sebagai admin di channel Telegram kamu.
  • Masuk kembali ke chatroom bot Toolkit lalu masukkan teks, gambar atau video yang akan digunakan sebagai deskripsi pada pesan channel lalu kirim. Di bagian selanjutnya, klik No emoji!
  • Selanjutnya klik Add url button → masukkan link lalu kirim
  • Masukkan tulisan, teks atau icon yang akan ditampilkan lalu kirim.
  • Untuk mempublikasikan button link yang sudah dibuat, klik Publish to channel lalu masukkan Username channel yang sudah ditambahkan Toolkitbot sebagai admin tadi
  • Terakhir, klik Publish now maka secara otomatis button link yang dibuat tadi akan tampil di channel Telegram.

  • Jika masih ingin menambahkan button link lainnya, kamu tinggal klik lagi Add url button dan ikuti langkah-langkah yang sudah saya paparkan diatas.

Nah bagaimana? Mudah bukan membuat link menjadi tulisan di Telegram? Saya yakin jika mengikuti langkah-langkah diatas kamu pasti akan langsung bisa membuat menu di channel Telegram untuk produk jualan maupun layanan yang ditawarkan kepada subscriber kamu.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Button Link Menu di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard