Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Google Scholar

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Daftar pustaka merupakan salah satu hal yang wajib dicantumkan saat kita membuat karya ilmiah seperti makalah, skripsi, jurnal, thesis, disertasi dan lain sebagainya. Daftar Pustaka biasanya dilampirkan pada lembaran akhir karya ilmiah yang berisi identitas referensi yang kita gunakan.

Daftar pustaka tergolong sangat penting karena jika kita tidak melampirkannya di karya ilmiah maka kita akan dicap sebagai tukang plagiat dan karya ilmiah yang dibuat tidak valid serta sewaktu-waktu bisa dicabut apabila ketahuan. 

Untuk membuat daftar pustaka, ada aturan penulisan yang harus diikuti dan setiap referensi yang digunakan pasti berbeda-beda cara membuat dafpusnya. Namun jika kamu tidak ingin repot, kamu bisa membuat daftar pustaka dengan bantuan Google Scholar.

Buat kamu yang tidak tahu apa itu Google Scholar, jadi Google Scholar atau Google Cendekia merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh google dan menyediakan materi pembelajaran dari berbagai sumber. Disini kamu bisa mendapatkan referensi penelitian yang relevan dari seluruh penelitian akademis yang berupa jurnal, thesis, skrispsi, makalah, abstrak, artikel, dan lain sebagainya. Fitur ini sangat membantu bagi mereka yang sedang menempu pendidikan maupun yang sedang melakukan berbagai riset dan penelitian.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Google Scholar

Berikut ini tutorial membuat daftar pustaka di Google Scholar atau Google Cendekia agar lebih mudah dan cepat:

  • Pertama, buka browser di HP atau laptop kamu.
  • Kemudian masuk ke halaman Google Cendekia
  • Di kolom pencarian Google Scholar, ketik judul buku atau judul referensi yang akan dibuatkan daftar pustakanya lalu klik icon Search
  • Jika list artikelnya sudah muncul, klik Tanda Kutip (") yang ada dibawah artikel untuk membuka referensi
  • Kemudian akan muncul kutip/ daftar pustaka. Biasanya untuk karya ilmiah yang akan dibuatkan referensinya menggunakan style pada bagian APA. Silahkan blok dan copy dafpus tersebut.
  • Lalu buka dokumen word atau aplikasi yang kamu gunakan untuk membuat karya ilmiah dan tempelkan (paste) dafar pustaka yang sudah dibuat.

Dengan demikian, kamu telah berhasil membuat daftar pustaka dari teori yang kamu ambil dari buku, jurnal atau sumber referensi lainnya. Selain menggunakan Google Scholar, kamu juga bisa membuat daftar pustaka dengan mudah menggunakan fitur References yang ada di Microsoft Word atau menggunakan Mendeley.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Google Scholar, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard