Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Mind Mapping di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mind Mapping merupakan sebuah metode untuk memvisualisasikan informasi dalam bentuk bagan atau diagram yang tersusun dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Mind Map juga biasa dikenal dengan istilah pemetaan pikiran diperkenalkan pertama kali oleh Tony Buzan pada tahun 1974. Tony Buzan merupakan seorang ahli di bidang pengembangan potensi manusia.

Sekarang ini, Mind Mapping banyak digunakan dalam dunia pendidikan khususnya di bangku sekolah maupun perkuliahan. Hal tersebut dikarenakan Mind Mapping dapat meningkatkan produktifitas belajar, membantu proses pembelajaran, menambah kreatifitas pengguna serta memudahkan pembaca agar lebih cepat memahami informasi / materi yang akan disampaikan.

Membuat Mind Mapping khususnya di HP android dan iOS sudah sangat mudah. Karena perkembangan teknologi yang begitu pesat, saat ini ada banyak sekali situs web maupun aplikasi pembuat Mind Map gratis yang bisa digunakan untuk membuat peta pikiran aesthetic, menarik dan kreatif.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara membuat Mind Mapping gratis aesthetic di HP android dan iPhone dengan aplikasi. Penasaran? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Untuk Membuat Mind Map di HP Android dan iPhone

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Mind Map di HP android maupun iOS, salah satunya adalah Canva.

Canva adalah salah satu platform desain grafis yang banyak digunakan oleh profesional untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan berbagai macam konten visual lainnya termasuk Mind Mapping. 

Canva sudah menyediakan berbagai macam template / contoh desain yang bisa kamu gunakan secara gratis dan berbayar. Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi membuat desainnya dari awal karena kita tinggal mengganti teks maupun tampilannya agar terlihat lebih menarik. 

Di Canva, ada banyak sekali jenis template Mind Map yang sudah didesain secara profesional dan bebas kamu pilih sehingga dapat mempercepat alur kerja kamu. Disamping itu, visualisasi data jauh lebih mudah dan tidak perlu mempelajari perangkat lunak yang rumit untuk membuat desain. Hasil desain bisa langsung di bagikan atau didownload dengan grafik beresolusi tinggi.

Download Canva di Android Download Canva di iOS

Cara Membuat Mind Mapping di Canva

Berikut ini cara membuat Mind Mapping yang aesthetic, kreatif dan juga keren menggunakan aplikasi Canva di HP android dan iPhone:

  • Buka aplikasi Canva di HP android atau iOS
  • Di halaman utama aplikasi, scroll fitur rekomendasi untuk anda lalu klik Lainnya dan pilih Peta Pikiran
  • Selanjutnya kamu akan melihat banyak sekali desain template Mind Map gratis dan bebas kamu gunakan. Silahkan pilih salah satu yang ingin kamu gunakan.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan. Di bagian ini kamu bebas mengubah desain template Mind Mapping tadi seperti mengubah desain huruf atau menyesuaikan visualisasi bagan atau diagram yang ada.
  • Jika kamu ingin menambah desain Mind Map, ketuk Kotak Persegi di pojok kanan bawah lalu klik Tambah. Jika layer baru sudah dibuat, silahkan di klik lalu ketuk tanda silang di pojok kiri bawah.
    Catatan: halaman ini juga berfungsi untuk melihat semua desain mind mapping yang telah kita buat
  • Kemudian klik icon Tambah di pojok kiri bawah lalu pilih template Mind Mapping baru yang akan digunakan.
  • Edit template tersebut dengan mengganti tulisan dan desain sesuai keinginan. Jika sudah, kamu bisa menyimpan Mind Mapping dengan cara klik icon Save lalu pilih Unduh
  • Selanjutnya tentukan Jenis File peta pikiran yang akan dibuat misalnya dalam bentuk gambar (PNG, JPG), PDF, Video MP4 atau GIF. Jika sudah klik Unduh
  • Tunggu beberapa saat sampai Mind Mapping selesai dibuat dan disimpan ke HP kamu.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Mind Mapping di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close