Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mencatat Materi otomatis Saat Belajar Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada awal tahun 2020 pandemi Covid-19 mulai menyerang seluruh dunia termasuk Indonesia sehingga mengharuskan segala kegiatan tatap muka diganti menjadi online / daring. Salah satu lini yang sangat terkena dampak adalah dunia pendidikan dimana siswa dan mahasiswa diharuskan untuk belajar online dari rumah masing-masing menggunakan gadget dan laptop / PC mereka.

Biasanya guru akan menggunakan aplikasi-aplikasi di HP atau PC untuk memberikan materi pembelajaran secara online seperti Zoom, Google Meet, Youtube, WhatsApp, Telegram dan berbagai macam paltform lain yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Namun terkadang saat menjelaskan materi pelajaran biasanya guru terlalu cepat berbicara sehingga siswa / mahasiswa yang mendengarkan tidak sempat mencatat poin-poin penting dari materi tersebut. Ditambah lagi jika guru / dosen tidak memberikan salinan materi dalam bentuk soft copy.

Untuk itu, ada sebuah cara mencatat materi pelajaran otomatis dari Zoom, Google Meet. Youtube, WA, Telegram dan lain-lain di laptop / PC dan HP. Teknik mencatat otomatis ini bisa menjadi alternatif yang efektif, efisien, dan kreatif karena pada saat guru menjelaskan, suara dari video saat belajar online bisa langsung dikonversi menjadi teks.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan Cara Mencatat Materi otomatis Saat Belajar Online. Penasaran dengan triknya? Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Mencatat Materi Dari Google Meet, Zoom, Youtube

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi maupun situs web yang bisa kamu gunakan untuk mencatat materi otomatis dari Zoom, Google Meet, Youtube, Blue Jeans, Skype, Awor, Cisco WebEx di HP dan laptop / PC salah satunya adalah Google Docs.

Jadi di Google Docs, ada sebuah alat / tools bernama Voice Typing dimana alat ini bisa digunakan untuk kegiatan mencatat atau menulis dengan suara pada dokumen. Jadi suara tersebut akan diconvert secara otomatis kedalam bentuk teks / tulisan.

Ini bisa kamu gunakan untuk mencatat materi kuliah / pelajaran saat kelas online. Jadi saat guru sementara menjelaskan, perkataannya akan diubah menjadi teks secara langsung di Google Docs.

Google Docs tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu instal di HP maupun laptop. Namun jika kamu malas menginstal aplikasi, Google Docs juga tersedia dalam bentuk situs web. Jadi kamu bisa mencatat materi otomatis online tanpa aplikasi tambahan lagi.

Cara Mencatat Materi Otomatis Saat Belajar Online

Berikut ini cara mencatat materi dari Google Meet, Zoom, Youtube, dsb secara otomatis saat kelas online menggunakan Google Docs:
  • Buka browser (Chrome, Mozilla Firefox, Operamini, etc) di laptop / PC kamu.
  • Masuk ke halaman Google Docs melalui link berikut: https://docs.google.com
  • Jika sudah berada dalam situsnya, klik Resume. Jangan pilih Kosong karena biasanya fitur Voice Typing tidak tersedia di halaman tersebut.
  • Jika sudah berada di halaman kerja Google Docs, hapus terlebih dahulu semua teks resume yang muncul hingga halaman kerja menjadi kosong.
  • Selanjutnya klik menu Alat lalu pilih Dikte (Ctrl+Shift+S)
  • Kamu akan melihat gambar Microfon muncul di halaman kerja Google Docs
  • Langkah berikutnya, silahkan buka aplikasi yang kamu tempati untuk belajar atau kelas online seperti Google Docs, Youtube, Zoom, dll. Misalnya disini materinya sudah guru upload di Youtube dan saya disuruh untuk mencatatnya. Buka aplikasi Youtube lalu tekan tombol Windows + Panah Kanan bersamaan pada keyboard untuk menempatkan jendela youtube di sebelah kanan layar laptop / PC
  • Selanjutnya buka browser yang kamu tempati untuk membuka Google Docs lalu tekan tombol Windows + Panah Kiri bersamaan pada keyboard untuk menempatkan jendela Google Docs di sebelah kiri layar. Jadi hasilnya nanti jendela Youtube dan Google Docs akan tampil dalam satu layar laptop.
  • Terakhir, klik icon play pada Youtube dan tekan Microfon yang ada di Google Docs untuk mencatat materi secara otomatis.
  • Selesai.

Untuk mengembalikan aplikasi ke posisi full screen, tekan tombol Windows + Panah Atas maka aplikasi akan memenuhi layar seperti sedia kala. 

Untuk mencatat materi dari Zoom atau Google Meet, langkah-langkahnya sama juga seperti yang saya paparkan diatas. Jadi tinggal ikuti saja. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mencatat Materi otomatis Saat Belajar Online, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard