Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Akun Tiktok di Hack (Dibajak)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Tiktok merupakan salah satu platform video musik dan jejaring sosial yang sedang naik daun saat ini, hal tersebut terbukti dengan banyaknya orang yang mendownload dan menginstal aplikasi Tiktok di HP mereka. Berdasarkan data dari Play Store, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan membuat Tiktok menjadi salah satu aplikasi paling diminati terutama di Indonesia.

Namun sayangnya, akhir-akhir ini banyak pengguna yang mengeluh akun Tiktoknya di hack atau dibajak orang yang tidak dikenal. Sebenarnya Tiktok sudah memiliki fitur perlindungan keamanan akun seperti verifikasi dua langkah yang menawarkan keamanan tambahan untuk akun pengguna. Walaupun seseorang tahu kata sandi kamu namun dia tidak akan bisa membuka aplikasi Tiktok tanpa seisin dari kamu.

Walaupun demikian masih banyak pengguna yang belum terlalu memaksimalkan penggunaan fitur keamanan yang ada di aplikasi Tiktok sehingga akun mereka mudah di hack orang lain.

Jika kamu merasa akunmu telah diretas atau di hack orang lain, pada pembahasan kali ini bloggertoraja.com akan memaparkan ciri-ciri akun Tiktok di hack, cara mengetahui Tiktok telah dibajak, cara agar akun Tiktok tidak di hack, serta bagaimana cara mengatasi akun Tiktok di hack / di bajak orang lain. 

Ciri-ciri Akun Tiktok di Hack / Dibajak

Akun Tiktok yang telah dihack orang lain memiliki ciri-ciri. Jika kamu mengamati salah satu perilaku mencurigakan berikut bisa jadi akun Tiktokmu telah dibajak orang lain:
  • Video di akun Tiktok telah dihapus tanpa seizin kamu
  • Video telah diposting tanpa sepengetahuan kamu.
  • Kata sandi / password, nomor telepon dan email telah diganti
  • Nama pengguna (username) atau nama panggilan telah diubah
  • Ada pesan yang tidak pernah kamu tulis telah dikirim dari akun Tiktok kamu
  • Kamu tidak bisa login ke akun Tiktok walau Email, Nomor Telepon dan password yang dimasukkan sudah benar.

Cara Mengetahui Akun Tiktok di Hack / di Bajak

Selain ciri-ciri yang sudah saya sebutkan diatas, kamu juga bisa mengetahui akun Tiktok telah di hack atau di bajak orang lain dengan catatan kamu masih bisa login kedalam akun Tiktok kamu. Caranya mengetahuinya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Tiktok di HP android / iPhone
  • Silahkan ke menu Profil lalu klik garis tiga di pojok kanan atas
  • Selanjutnya klik Keamanan
  • Lalu pilih Perangkat Anda
  • Di halaman ini kamu bisa melihat semua perangkat yang telah login ke akun Tiktok kamu.
  • Jika ada perangkat yang dirasa mencurigakan atau tidak diinginkan, silahkan dihapus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembajakan akun.
  • Selesai.

Cara Agar Akun Tiktok Tidak di Hack / Dibajak

Agar akun Tiktokmu tidak mudah di hack atau dibajak orang lain, ada baiknya kamu mengikuti beberapa hal berikut:

1. Jangan Berikan Kode Verifikasi Login ke Orang Lain

Untuk bisa masuk ke akun Tiktok selalunya yang diminta adalah kode verifikasi login yang dikirim ke nomor telepon atau email (tergantung cara apa yang kita gunakan). Oleh karena itu, jangan pernah berikan kode OTP / kode verifikasi tersebut ke orang lain apapun alasannya entah itu karena iming-iming memenangkan hadiah, antuk memulihkan akun mereka katanya, dan lain-lain karena kode tersebutlah yang digunakan untuk bisa masuk ke akun kamu.

2. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah / Two (2) Step Verification

Tiktok juga sudah memiliki proteksi keamanan tambahan melalui verifikasi dua langkah atau two step verification. Silahkan aktifkan fitur ini untuk melindungi akun kamu dari hacker atau pembajak. Jadi sekalipun orang lain mengetahui emali, nomor telepon dan password kamu, dia tidak akan bisa login ke akun tanpa seizin dari pemilik akun. 

Artikel Terkait: Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di Tiktok

3. Reset Kata Sandi / Password Secara Berkala

Password atau kata sandi Tiktok sewaktu-waktu juga perlu diganti agar terhindar dari peretasan, misalnya sebulan sekali. Hal tersebut bertujuan jika ada yang mengetahui password Tiktok kamu, mereka tidak akan bisa login karena kamu sudah menggantinya secara berkala. Namun jika sudah mengganti password Tiktok, jangan lupa untuk diingat yah karena jangan sampai malah kamu yang tidak bisa login ke akun Tiktok karena lupa kata sandi. Hehe.

4. Hapus Perangkat yang Mencurigakan

Untuk bagian ini, penjelasan dan tutorialnya telah saya paparkan diatas. Jadi silahkan diikuti untuk melindungi akun Tiktok kamu.

Cara Mengatasi Akun Tiktok Dibajak (Hack)

Jika kamu sudah tidak bisa login atau memulihkan akun Tiktok yang dibajak, maka satu-satunya cara mengatasi akun Tiktok dibajak dan tidak bisa login adalah menghapus permanen akun tersebut. Karena sudah tidak bisa login dan tidak bisa dipulihkan, maka mintalah teman-temanmu untuk me-report massal akun tersebut minimal 100 orang.

Jika akun Tiktok telah dilaporkan, ada kemungkinan akun tersebut akan diblokir atau dihapus oleh pihak Tiktok untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atas nama orang lain.

Kesimpulan dan Penutup

Dari keseluruhan pembahasan saya mengenai akun Tiktok dihack / di bajak serta solusinya, dapat ditarik kesimpulan bahwa sangat penting untuk memberikan perlindungan keamanan sejak dini terhadap akun agar tidak mudah diretas orang lain. Setiap aplikasi sudah punya fitur ini, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatasi Akun Tiktok di Hack (Dibajak), semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard