Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghapus Recent Documents di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Recent Documents / Recent Workbooks / Recent File merupakan sebuah fitur di Microsoft Excel yang berfungsi untuk menampilkan dokumen Excel yang pernah dibuka sebelumnya. Fitur ini sebenarnya sangat berguna karena pengguna tidak perlu capek-capek mencari file Excel yang baru saja dibuka kemudian ditutup dan ingin dibuka kembali karena historynya sudah tersimpan di Recent Workbooks secara otomtis.

Namun karena alasan privasi, beberapa pengguna lebih memilih menonaktifkan / menghapus Recent Documents di Excel agar tidak bisa dilihat oleh orang lain. 

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menghapus Recent Workbooks / Recent Documents di Microsoft Excel. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Menghapus Recent Documents di Excel

Berikut ini cara menghapus Recent Documents di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 agar tidak bisa dilihat orang lain:

  • Buka apliasi Microsoft Excel di PC (laptop / komputer)
  • Di halaman pemilihan template Workbooks, kamu akan melihat Recent Documents Excel yang sudah pernah dibuka sebelumnya di sebelah kiri layar
  • Untuk menghapus Recent Document Excel, klik kanan pada file lalu pilih Remove from list (menghapus satu per satu) atau Clear Unpinned Workbooks (menghapus semuanya sekaligus)
  • Jika sudah maka secara otomatis semua workbooks yang pernah kita buka sebelumnya akan dihapus dari Recent Documents.
  • Kamu juga bisa melakukan langkah-langkah ini dengan cara ke menu File / Office Button → Open → Recent Workbooks → klik kanan pada file Excel → pilih Remove from list / Clear Unpinned Workbooks.
  • Selesai.

Cara Menonaktifkan Recent Workbooks di Microsoft Excel

Kamu juga bisa menonaktifkan Recent Workbooks di Excel agar ketika kamu selesai mengerjakan data dan menutup program aplikasi MS Excel, historinya tidak tersimpan di Recent Workbooks. Tutorialnya sebagai berikut:

  • Buka program aplikasi MS Excel
  • Di halaman kerja, klik menu File / Office Button (Excel 2007, 2010).
  • Lalu klik Options
  • Kemudian jendela Excel Options akan terbuka. Klik menu Advenced lalu di bagian Display atur Show this number of Recent Workbooks dan Show this number unpinned Recent Folders jadi 0. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Jika sudah maka Recent Workbooks dan Recent Folder telah dinonaktifkan. Jadi histori workbooks Excel tidak akan tampil lagi di Recent Document saat kita membuka dan menutup program apliasi MS Excel saat selesai mengerjakan data.
  • Selesai.

Cara Menghapus Recent File Excel di Taskbar Windows

Jika kamu memberi pin to taskbar pada program aplikasi MS Excel, Recent Filenya juga akan muncul ketika kita mengklik aplikasi Excel yang sudah ditempatkan pada taskbar windows. Untuk menghapus Recent File Excel di taskbar windows, langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik kanan pada aplikasi Excel yang sudah diberi pin di Taskbar windows.
  • Maka Recent File Excel akan muncul. Untuk menghapusnya, klik kanan pada file yang ingin dihapus lalu pilih Remove from this list
  • Maka file Excel yang ada di Recent Workbooks akan dihapus.
  • Selesai

Apakah ketika kita menghapus Recent Workbooks / Recent Documents pada aplikasi, file Excel yang tersimpan di folder juga akan terhapus? Jawabannya tidak. Disini kita hanya menghapus histori dokumen Excel yang pernah kita buka sebelumnya pada aplikasi agar tidak diketahui orang lain. Jadi tidak usah khawatir filemu akan terhapus.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menghapus Recent Documents / Recent Workbooks / Recent File di Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close