Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Recent Documents di Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Recent Documents / Recent File adalah sebuah fitur yang ada di program aplikasi Microsoft Word yang bisa digunakan untuk mempercepat saat membuka dokumen word yang sudah pernah kamu kerjakan sebelumnya di perangkat yang sama.

Fitur ini sebenarnya sangat berguna misalnya kamu baru saja mengerjakan sebuah dokumen di Word lalu menyimpannya serta menutup program aplikasi. Secara otomatis, histori tersebut akan tersimpan di Recent Document. Jadi saat kamu ingin membuka kembali file Word yang sudah kamu simpan tadi, kamu tidak perlu repot-repot mencarinya dalam folder karena bisa langsung dibuka melalui Recent Documents.

Namun karena alasan privasi, beberapa pengguna MS Word lebih memilih menghapus atau menonaktifkan Recent Document agar orang lain tidak mengetahui apa yang barusan kita buka atau kerjakan di Word.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menghpaus dan menonaktifkan Recent Documents di Microsoft Word. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Menghapus Recent Documents di Microsoft Word

Berikut ini cara menghapus Recent Documents / Recent Files di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019:

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di PC (laptop / komputer)
  • Disamping kiri program aplikasi kamu akan melihat Recent Documents yang baru saja kamu buka.
  • Untuk menghapus Recent Documents tersebut, silahkan klik kanan pada list file lalu pilih Remove from list (menghapus satu persatu) atau Clear Unpinned Documents (menghapus semuanya sekaligus)
  • Jika sudah history file Word yang pernah dibuka sebelumnya dan tersimpan di Recent Documents berhasil dihapus.
  • Selesai.

Cara Menonaktifkan Recent Documents di Word

Kamu juga mematikan atau menonaktifkan fitur Recent Documents di Microsoft Word agar ketika kamu membuka sebuah dokumen historinya tidak muncul di bagian Recent. Berikut Tutorialnya:
  • Buka aplikasi MS Word lalu masuk ke halaman kerja. Di halaman kerja, klik menu File
  • Selanjutnya klik Options
  • Di jendela Word Options yang terbuka, silahkan ke menu Advenced lalu ke grup Display. Ubah bagian Show this number of Recent Documents dan Show this number of unpinned Recent Folder menjadi 0. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Dengan demikian kamu telah menonaktifkan Recent Document di MS Word. Jadi setiap kali kamu selesai mengerjakan dokumen dan menutup program aplikasi, list document tidak akan tersimpan dan muncul di bagian Recent.
  • Selesai.

Cara Unpinned Recent Document Word di Taskbar

Jika kamu mengaktifkan pin aplikasi Microsoft Word ke taskbar laptop atau komputer windows 7, 8/8.1, 10, 11, kamu juga bisa melihat Recent Documents yang pernah dibuka sebelumnya pada bagian itu. Untuk menghapus Recent Document Word yang diberi pin pada tasbar, tutorialnya sebagai berikut:

  • Klik kanan program aplikasi Word yang diberi pin pada taskbar

  • Klik kanan pada dokumen yang berada di Pinned atau Recent lalu pilih Remove from this list
  • Jika sudah, histori dokumen Word yang pernah kamu buka akan dihapus dari Recent aplikasi MS Word yang di pin pada taskbar.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menghapus Recent Documents di Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close