Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Gambar Jadi Teks di Google Lens

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat mengerjakan tugas entah itu membuat makalah, skripsi, jurnal, paper dan lain-lain, biasanya kita akan mengambil referensi dari tempat lain sebagai bahan dalam tugas tersebut. Kalau referensinya dalam bentuk buku elektronik / ebook, kita bisa langsung copy paste saja isi bukunya. Namun kalau dalam bentuk buku cetak atau surat kabar, mau tidak mau kita harus mengetik ulang isi buku tersebut dalam aplikasi pengolah kata.

Namun karena perkembangan teknologi, kita tidak perlu repot-repot lagi menyalin isi buku dengan cara mengetiknya karena sekarang ini sudah banyak sekali alat yang dapat membantu kita untuk mengubah gambar atau foto menjadi teks / tulisan secara otomatis. Fitur ini disebut OCR.

OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah tool yang dapat mengenali tulisan (tangan dan digital) dalam sebuah gambar atau foto kemudian mengubahnya ke format teks sehingga bisa diedit. Fitur ini ada di beberapa layanan aplikasi, salah satunya di aplikasi peramban Google.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara mengubah gambar foto menjadi teks di aplikasi Google HP android dan iPhone. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Gambar / Foto Menjadi Teks di Google Lens

Berikut ini cara mengubah gambar atau foto menjadi teks (convert image to text) di aplikasi Google:
  • Buka aplikasi Google di HP android atau iPhone
  • Selanjutnya tap icon Kamera di kolom pencarian
  • Maka kamu akan diarahkan ke halaman Google Lens. Klik Menelusuri dengan kamera
  • Selanjutnya klik Teks lalu ambil foto teks yang ingin disalin
  • Blok semua teks pada gambar atau foto yang ingin diambil lalu klik Salin teks
  • Kemudian masuk ke aplikasi pengolah kata seperti WPS Office, catatan, dsb dan paste / tempelkan teks yang sudah disalin dari gambar ke halaman aplikasi
  • Terakhir, silahkan edit kembali teks / tulisan yang sudah dipaste tadi hingga terlihat rapi.
  • Selesai.

Cara ini pasti akan sangat membantu kamu apalagi jika kamu punya banyak sekali tugas tapi malas mengetik. Tingkat akurasi pengambilan teks dari gambar juga tergolong sangat tinggi saat menggunakan Google Lens sehingga kamu bisa terhindar dari typo.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Gambar Jadi Teks di Google Lens, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close