Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menghilangkan Noise Audio Pada Video di HP

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat merekam video di luar ruangan atau alam terbuka, biasanya akan ada noise pada audio yang disebabkan oleh lingkungan sekitar misalnya karena suara angin, hewan, kendaraan dan lain-lain. Saat videonya diputar, kita menjadi tidak nyaman karena suara pada video sangat bising dan mengganggu.

Suara bising pada audio biasa dikenal dengan istilah Noise. Banyak content creator mengakali noise pada video dengan menambahkan alat khusus seperti Noise Gate, Aux Audio Noise Filter Ground Loop Isolator Eliminate Car, atau Microphone External yang dihubungkan ke HP atau kamera.

Dan memang terbukti, dengan alat tersebut setidaknya bisa sedikit mengurangi noise pada video yang sedang direkam, walau tidak 100% hilang semua.

Untuk noise yang masih tersisa nantinya bisa kamu hapus pada saat proses pengeditan video. Jika kamu mengedit video di HP, ada aplikasi khusus yang memang dirangcang untuk menghilangkan Noise pada suara video dan hasilnyapun dijamin jernih.

Nah pada pembahasan kali ini, bloggertoraja.com akan memaparkan bagaimana cara menghilangkan noise audio pada video di HP menggunakan aplikasi. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Penghilang Noise di HP Android dan iPhone

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi penghilang noise audio pada video yang bisa kamu download dan instal di HP Android maupun iPhone, salah satunya Lexis Audio Editor. Aplikasi ini cukup populer di kalangan creator pemula dan profesional karena memang terbukti ampuh menghilangkan kebisingkan pada suara video.

Adapun beberapa fitur yang tersedia di Lexis Audio Editor sebagai berikut:

  1. Recorder and player
  2. Cut, copy and paste
  3. Delete, insert silence, trim, fade in, fade out
  4. Normalizing, noise reduction
  5. Rekam ke file yang ada, impor file ke file yang ada
  6. Mencampur file saat ini dengan file lain
  7. 10 band equalizer
  8. Compressor
  9. Change Tempo, Speed, Pitch
  10. Audioformats: mp3 (-320kb/s), wav (16 Bit PCM), flac, m4a, aac and wma, video import: mp4, 3gp, 3g2
Ketika sudah selesai menghilangkan noise pada audio, kamu bisa mengedit kembali video tersebut di aplikasi pengeditan video seperti Kinemaster, PowerDirector, Alight Motion, Capcut, VN, dan aplikasi lainnya di HP.

Download di Android Download di iOS

Cara Menghilangkan Noise Audio Pada Video di HP

Berikut ini cara menghilangkan noise audio pada video di HP Android dan iPhone menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor:
  • Buka Lexis Audio Editor Apk di HP Android atau iOS
  • Jika sudah berada dalam aplikasinya, klik menu Open
  • Lalu cari dalam folder HP audio yang akan dihilangkan noisenya. Klik Open untuk menambahkan
  • Jika audio sudah berada dalam aplikasi, klik icon di pojok kanan atas lalu pilih Effects >
  • Scroll kebawah dan tap Noise reduction
  • Kemudian jendela untuk mengatur Noise reduction akan muncul. Silahkan sesuaikan Thresold, Rate, Attack / Release dan Low pass filter. Untuk mendengarkan preview audio yang telah dihapus noisenya, klik Play. Jika sudah pas, tap Apply untuk menyimpan pengaturan
  • Karena Noise pada audio sudah dihilangkan, biasanya audio akan mengecil. Untuk meningkatkan suara, klik icon ⋮ → Effect  → Equalizer / Amplifier
  • Kemudian tingkatkan Pre amplifier lalu tap Apply untuk menerapkan pengaturan
  • Terakhir simpan audio yang telah dihilangkan noisenya dengan cara klik Save 
  • Pilih folder tempat menyimpan suara atur nama audio dan formatnya Save
  • Selesai
Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menghilangkan Noise Audio Pada Video di HP Android dan iPhone, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close