Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Agar File / Folder Tidak Bisa Dihapus di Laptop dan PC

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Setiap orang pasti punya file atau folder penting di laptop / PC. File tersebut bisa saja berisi tugas-tugas kuliah, pekerjaan, atau data-data penting lainnya. Kalau file tersebut terhapus dari laptop maka kita akan kalang kabut apalagi jika filenya terhapus secara permanen.

Nah buat kamu yang punya file maupun folder penting di laptop / PC dan tidak ingin file tersebut terhapus, Blogger Toraja punya solusinya. Dijamin setelah menerapkan trik ini, file / folder di laptop kamu tidak akan bisa dihapus oleh orang lain bagaimanapun caranya.

Trik ini tidak memerlukan aplikasi tambahan yang harus diinstal terlebih dahulu melainkan kita hanya memanfaatkan pengaturan dalam laptop atau PC.  Trik ini juga berlaku untuk semua versi windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan Windows 11. Penasaran dengan triknya? Silahkan simak pembahasan berikut sampai selesai.

Cara Agar File / Folder Tidak Bisa Dihapus di Laptop / PC

Agar file atau Folder di Laptop / PC kamu tidak bisa dihapus oleh orang lain, berikut tutorialnya:
  • Pertama, klik menu Start lalu pilih Documents
  • Kemudian cari file atau folder yang akan diatur agar tidak bisa dihapus. Misalnya disini saya ingin mengunci file PDF saya agar tidak bisa dihapus.
  • Jika sudah dapat, klik kanan pada file lalu pilih Properties
  • Selanjutnya ke menu Security → Advanced
  • Kemudian jendela Advenced Security Setting akan muncul. Silahkan klik Disable Inheritance
  • Jika jendela notifikasi Block Inheritance muncul, klik Convert inherited permissions into explicit permissions on this object
  • Kemudian kita akan mengubah type pada System, Administrators dan nama perangkat kamu sendiri dari Allow menjadi Deny. Caranya klik dua kali misalnya pada System
  • Selanjutnya di bagian Type, ubah Allow jadi Deny lalu klik OK
  • Lakukan hal tersebut juga pada Administrators dan nama perangkat lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan. Jika sudah hasilnya akan tampil seperti gambar berikut.
  • Sekarang coba hapus file tersebut dan pasti filenya tidak akan bisa dihapus. Juga akan muncul jendela pemberitahuan bahwa akses penghapusan file ditolak.
  • Selesai.

Tutorial yang saya paparkan diatas tidak hanya berlaku untuk file namun juga untuk folder. Langkah-langkahnya sama persis kok.

Nah bagaimana cara agar file atau folder yang sudah diatur tadi agar tidak bisa dihapus kemudian bisa dihapus kembali? Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah diatas kembali lalu mengubah Type file / folder dari Deny menjadi Allow. Dengan demikian file / folder yang tidak bisa dihapus di laptop / PC kemudian bisa dihapus. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasa saya mengenai Cara Agar File / Folder Tidak Bisa Dihapus di Laptop dan PC, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close