Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuka 2 Aplikasi yang Sama di Laptop / PC

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Menjalankan dua aplikasi yang sama sekaligus sebenarnya bisa dilakukan di laptop atau PC tanpa menginstal aplikasi tambahan. Cara ini bisa dilakukan untuk semua versi Windows OS seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10 dan Windows 11.

Sebagai contoh kamu harus menghadiri 2 rapat virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. Kamu tidak mungkin mengorbankan salah satunya bukan? Apalagi jika kedua rapat tersebut sangat penting dan harus kamu hadiri.

Oleh karena itu, kamu bisa menjalankan 2 aplikasi Zoom Meeting secara bersamaan di 1 laptop atau PC. Kamu bisa membagi layar menjadi 2 bagian (split screen) lalu menggunakan kedua aplikasi tersebut.

Memang benar ada beberapa software di laptop / PC yang bisa dijalankan 2 atau lebih (aplikasi yang sama) dalam satu perangkat seperti halnya Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) namun ada juga beberapa aplikasi yang tidak bisa dibuka di 1 perangkat sekaligus secara bersamaan contohnya aplikasi Zoom. Oleh karena itu dibutuhkan trik khusus untuk menjalankan 2 aplikasi tersebut secara bersamaan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana Cara Membuka 2 Aplikasi yang Sama di Laptop / PC. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuka 2 Aplikasi yang Sama di 1 Laptop / PC

Berikut ini tutorial atau cara membuka 2 aplikasi yang sama sekaligus di laptop atau PC. Sebagai contoh saya akan membuka 2 aplikasi Zoom di satu laptop secara bersamaan:
  • Buka program aplikasi Zoom di laptop / PC
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, klik kanan pada Shortcut aplikasi Zoom yang ada di desktop lalu pilih
  • Selanjutnya klik kanan pada alamat folder lalu pilih Copy address as text
  • Langkah berikutnya, klik menu Start lalu di kolom pencarian ketik Run. Jika Run sudah muncul silahkan di jalankan.
  • Selanjutnya pastekan address text yang sudah disalin tadi pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk menambahkan "\zoom.exe" dibelakang alamat. Jadi hasilnya akan tampil seperti berikut: C:\Users\Ada\AppData\Roaming\Zoom\bin\zoom.exe lalu klik OK
  • Dengan demikian 2 aplikasi Zoom akan terbuka dalam 1 layar laptop / PC kamu dan siap digunakan.
  • Selesai.
Trik ini berlaku untuk semua jenis aplikasi yang sama yang tidak bisa dijalankan di satu perangkat. Jadi kamu tinggal masuk ke folder Local Disk (C:) dan melihat nama file .exe nya lalu mengikuti langkah-langkah diatas sampai selesai.

Cara Menjalankan 2 Software di 1 Laptop / Komputer

Jika trik diatas tidak berhasil, kamu bisa menggunakan cara yang kedua ini. Namun sebelum itu kamu harus menginstal sebuah software bernama Sandboxie. Buat kamu yang tidak tahu apa itu Sandboxie, jadi Sandboxie merupakan sebuah software yang digunakan untuk menjalankan aplikasi dalam ruang tersendiri khusus di Windows.

Untuk menggunakan aplikasi Sandboxie cukup mudah. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Download dan instal software Sandboxie terlebih dahulu di laptop atau PC kamu. Kamu bisa mencari aplikasinya di google.
  • Jalankan aplikasi Sandboxie dengan cara klik Start → All Programs → Sandboxie
  • Jika aplikasinya sudah terbuka, akan ada beberapa pilihan tools seperti:
    • Run any program sandboxed – Untuk menjalankan program apa saja di dalam Sandboxie
    • Run Web browser sandboxed – Menjalankan browser di dalam Sandboxie
    • Run Windows Explorer sandboxed – Membuka Windows Explorer di dalam Sandboxie
    • Sandboxie Control – Membuka pengaturan Sandboxie
    • Sandboxie Start Menu – Menjalankan program start menu di dalam Sandboxie
  • Untuk menjalankan dua aplikasi yang sama dalam satu perangkat laptop / PC,  klik kanan pada Shortcut program aplikasi yang ada di desktop lalu pilih Run Sandbpxed.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuka 2 Aplikasi yang Sama di Laptop / PC, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close