Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Rufus "Error: Iso Image Extraction Failure"

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana saat sedang membuat package instaler untuk windows atau linux ke bootable USB flash drive menggunakan Rufus tapi pada saat sedang dalam proses malah terjadi error dan muncul pesan "Error: Iso Image Extraction Failure".

Saat muncul jendela peringatan seperti ini, tentu kita tidak akan bisa melanjutkan proses ekstrak dari ISO file ke USB flash drive dan juga kita tidak akan bisa menggunakan ISO file tersebut.

Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa muncul peringatan Error: Iso Image Extraction Failure di Rufus, misalnya saja antivirus pada perangkat kamu masih aktif atau bisa juga USB drive kamu tidak mendukung.

Namun jika kamu sudah menonaktifkan semua antivirus dan mengganti USB flash drive dengan yang baru namun tetap muncul pesan error seperti itu masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengatasi Rufus "Error: Iso Image Extraction Failure" di laptop dan PC, dijamin 100% work karena cara ini berhasil saya praktekkan. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengatasi Rufus "Error: Iso Image Extraction Failure"

Berikut ini tutorial atau cara mengatasi Error: Iso Image Extraction Failure di Rufus dengan mudah:
  • Pertama, buka folder dimana file ISO disimpan di laptop atau komputer. Misalnya disini saya mempunyai ISO file Windows 7 Ultimate DVD yang ketika akan dibuat package instler malah muncul jendela error di Rufus.
  • Silahkan klik kanan ISO file tersebut lalu klik Ekstrak berkas...
  • Pilih lokasi folder tempat kamu akan mengekstrak file ISO dan usahakan folder tersebut kosong. Jika sudah klik OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengektrakan file selesai.
  • Jika sudah silahkan buka folder tempat kita mengekstrak ISO file tadi lalu hapus file autorun. Biasanya file ini memiliki kapasitas 1 kb.
  • Kemudian blok semua file / folder yang sudah diekstrak tadi lalu klik kanan dan pilih PowerISO → Add to image file...
    Catatan: pastikan di laptop / PC kamu sudah terinstal software PowerISO
  • Jika jendela Save file PowerISO sudah muncul, kamu bisa mengatur dimana lokasi penyimpanan file / folder yang akan kita ubah menjadi file ISO di bagian Save file to: dan jangan lupa untuk mengganti format file menjadi Standard ISO Image (.ISO) lalu klik OK
  • Tunggu beberapa saat sampai file ISO berhasil dibuat dan disimpan ke folder kamu.
  • Jika ISO file sudah dibuat kamu bisa membuat package instaler untuk windows ke bootable USB flash drive menggunakan Rufus dan dijamin prosesnya tidak akan eror lagi.
  • Selesai

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatasi Rufus "Error: Iso Image Extraction Failure", semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close