Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Sertifikat Otomatis Online Tanpa Aplikasi

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat menyelenggarakan sebuah kegiatan misalnya seminar, pelatihan, pendidikan, webinar, workshop, launching buku, diskusi ilmiah, studi banding dan lain-lain biasanya kita juga akan menyediakan sertifikat kegiatan bagi peserta yang hadir.

Sertifikat bisa menjadi bukti bahwa seseorang telah mengikuti kegiatan yang sudah kamu selenggarakan mulai dari awal sampai akhir. Disamping itu, ketika hendak mendaftar kuliah atau bergabung kedalam suatu organisasi, biasanya akan diminta memasukkan sertifikat kegiatan yang pernah diikuti, nah sertifikat itulah yang bisa dimasukkan sebagai salah satu syarat pendaftaran.

Sekarang ini, untuk membuat sertifikat sudah sangat mudah bahkan bisa dilakukan oleh orang yang tidak punya skill di bidang desain grafis. Hal tersebut karena sudah banyak aplikasi maupun situs web yang menyediakan template sertifikat gratis. 

Selain itu, tools pembuat sertifikat otomatis di internet juga sudah sangat banyak dimana kamu tinggal memasukkan template sertifikat kemudian mengisi nama sertifikat otomatis serta deskripsi lainnya dan tools akan membuatkan kamu sertifikat dalam hitungan detik saja.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat sertifikat secara otomatis dan online tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Situs Website Membuat Sertifikat Online Gratis

Sekarang ini sudah banyak aplikasi maupun situs website pembuat sertifikat otomatis dan online yang bisa kamu gunakan secara gratis. Mungkin selama ini kamu hanya mengenal platform Canva dimana platform ini menyediakan berbagai macam template sertifikat gratis maupun berbayar. 

Disamping itu, ada juga situs website Certifast.co dimana situs ini bisa digunakan untuk membuat banyak sertifikat sekaligus hanya dalam hitungan menit. Jadi jika kamu punya project membuat banyak sertifikat bahkan sampai ratusan sertifikat, situs web ini bisa jadi pilihan.

Kamu tinggal mencatat semua nama-nama peserta yang akan dibuatkan sertifikat di program aplikasi MS Excel lalu memasukkan nama-nama tersebut di Certifast dan situs Certifast akan memproses semua sertifikatmu secara otomatis. Oya kita juga memerlukan aplikasi Canva dalam tutorial ini untuk mencari template sertifikat gratis.

Cara Membuat Sertifikat Otomatis Online Tanpa Aplikasi

Berikut ini tutorial atau cara membuat sertifikat otomatis dan online tanpa aplikasi tambahakn menggunakan platform Canva, Certifast.co dan MS Excel:
  • Buka platform Canva lalu cari template sertifikat gratis yang akan digunakan. Ekspor template tersebut dalam bentuk gambar PNG
  • Buat juga daftar nama-nama peserta yang akan dibuatkan sertifikat menggunakan aplikasi Microsoft Excel
  • Jika semua sudah disiapkan, silahkan buka browser di laptop atau HPlalu masuk ke situs website Certifast melalui link berikut: https://certifast.co/
  • Selanjutnya drop dan drag template sertifikat PNG yang sudah dibuat tadi di situs Canva dari Folder laptop kedalam situs Certifast.
  • Jika template sertifikat sudah berada dalam halaman situs, klik icon I (Dynamic Text) untuk memasukkan nama-nama peserta dalam sertifikat secara otomatis

  • Selanjutnya masuk kembali ke aplikasi MS Excel lalu copy semua nama peserta yang akan diinput masuk ke sertifikat
  • Masuk kembali ke situs Certifast lalu klik Input → Manage Input
  • Lalu pastekan semua nama-nama yang sudah dicopy tadi pada kolom tabel yang tersedia lalu klik Save
  • Selanjutnya ke bagian General lalu atur Teks (jenis, ukuran dan warna font). Jika sudah klik Gererate Certificate
  • Jika muncul jendela pemberitahuan pembuatan sertifikat, klik Generate
  • Tunggu beberapa saat maka sertifikat berisi nama-nama yang sudah dimasukkan akan dibuat secara otomatis. File sertifikat akan terdownload dalam bentuk file .zip. Kamu bisa menemukan file ini di folder Downloads laptop atau PC. 
  • Kamu bisa meng-Extract file .zip ini untuk melihat gambar-gambar sertifikat yang sudah dibuat tadi untuk selanjutnya dicetak dan dibagikan kepada peserta kegiatan. 
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan? Dengan cara ini kamu bisa membuat sertifikat dengan cepat dan mudah karena saat mengisi nama-nama sertifikat dilakukan secara otomatis.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Sertifikat Otomatis Online Tanpa Aplikasi, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.


Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close