Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat menginput data di program aplikasi Microsoft Excel misalnya membuat Daftar Riwayat Hidup seseorang, biasanya diantara deksipsi dan keterangan kita menyelipkan titik dua (:) sebagai pembatas agar terlihat lebih rapi (perhatikan gambar dibawah ini).

Namun jika teliti diperhatikan, tanda Titik Dua diatas tidak sejajar sehingga kurang elok dilihat, padahal dalam pembuatan surat resmi, tanda titik dua haruslah sejajar. Untuk mengakali hal tersebut biasanya kita akan membuat kolom baru dan menempatkan titik dua pada kolom baru tersebut (perhatikan gambar berikut).

Namun cara diatas juga kurang enak dipandang karena kita harus membuat kolom baru hanya untuk menempatkan satu karakter saja. Sebenarnya ada trik khusus dimana kamu bisa membuat titik dua sejajar di spreadsheet Excel tanpa harus membuatnya di kolom baru. 

Nah pada pembahan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat titik dua sejajar dalam tabel di Microsoft Excel. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut:

Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Pada pembahasan kali ini, saya akan menggunakan Microsoft Excel 2010 untuk membuat agar titik dua menjadi sejajar di Excel. Namun cara ini juga tidak terlalu jauh berbeda jika kamu pengguna Excel 2007, 2013, 2016 ataupun 2019.

Berikut ini tutorial atau cara membuat titik dua sejajar di Excel dengan mudah:

  • Buka program aplikasi Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 di laptop atau PC kamu.
  • Didalam sheet Excel yang terbuka, masukkan data-data yang akan diberi pemisah titik dua. Sebagai contoh dibawah ini saya membuat DRH.
  • Selanjutnya blok semua baris atau teks yang dibelakangnya akan diberi titik dua sejajar lalu ke fitur Format → Format Table
  • Jika jendela Format Cells sudah terbuka, klik menu Custom lalu hapus bagian General dan ganti dengan @ spasi * spasi ":" jadi hasilnya akan jadi seperti ini: @ * ":" 
    Klik OK untuk menyimpan pengaturan
  • Jika sudah maka titik dua sejajar dalam tabel telah berhasil dibuat dan ditambahkan.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Titik Dua Sejajar di Microsoft Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.




Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close