Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Garis di Microsoft Excel

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Garis merupakan sebuah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak dan hanya mempunyai satu dimensi yaitu panjang. Di Microsoft Excel, garis sering sekali kita gunakan misalnya untuk membuat sebuah tabel, membuat garis pembatas untuk kop surat / judul surat dan lain-lain.

Pada dasarnya tampilan halaman kerja Microsoft Excel sudah menyerupai tabel dengan garis berwarna abu-abu. Kotak-kotak tersebut biasa kita kenal dengan istilah Gridlines. Gridlines ini merupakan sebuah garis bantu (horizontal dan vertikal) yang dapat memudahkan pengguna mengenali batas suatu sel atau range.

Namun saat mencetak dokumen Excel, gridlines tidak akan tampil karena memang fungsinya hanyalah sebagai alat bantu semata. Oleh karena itu, kita perlu membuat lagi garis / border pada gridlines agar saat saat dicetak bisa tampil pada kertas.

Selain membuat garis pada gridlines, banyak juga pengguna yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara membuat garis lurus panjang hitam dan tebal yang biasa digunakan sebagai pembatas atara kop surat dengan isi surat. Jika di MS Word, kita bisa menggunakan simbol #, *, =, dll untuk membuatnya namun di Excel hal tersebut tidak berlaku.

Oleh karena itu pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat garis di Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Garis Lurus dan Panjang di Excel

Yang akan saya bahas pertama adalah bagaimana cara membuat garis lurus, tebal dan panjang di Excel. Garis ini biasanya digunakan sebagai garis pembatas antara kop dengan isi dalam sebuah surat. Berikut tutorialnya:

  • Pertama, buka program aplikasi Microsoft Excel 2007, 2010, 2013, 2016, 2019
  • Jika lembar kerja sudah terbuka, klik menu Insert → Shape → Line / Garis
  • Selanjutnya buat sebuah garis lurus dan panjang dengan menarik garis dari kiri ke kanan sampai didapati ukuran yang pas

  • Jika garis sudah terbentuk, kita akan mengatur warna garis menjadi hitam. Caranya, klik garis tersebut lalu ke menu Format → Shape Outline → pilih warna hitam
  • Selanjutnya kita akan mengatur ketebalan garis. Caranya klik garis yang sudah dibuat lalu ke menu Format → Shape Outline → Weight → pilih ketebalan garis yang akan digunakan, misalnya disini saya menggunakan 3 pt.

  • Nah dengan demikian kamu telah berhasil membuat sebuah garis lurus, panjang dan juga tebal untuk pembatas. Kamu bisa melakukan pengaturan lebih lanjut pada garis misalnya membuat garis putus-putus, membuat garis bentuk panah, dan lain-lain melalui fitur Shape Outline ini.
  • Selesai.

Cara Membuat Garis Untuk Kolom dan Baris di Excel

Garis juga bisa kamu gunakan untuk membuat tabel di Excel. Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom. Berikut ini tutorial cara membuat garus untuk tabel (kolom dan baris) di Microsoft Excel:

  • Buka program aplikasi Microsoft Excel di laptop atau PC
  • Didalam halaman kerja MS Excel, blok semua cell range dimana kamu akan membuat garis
  • Jika sudah silahkan ke menu Home lalu pilih dropdown Border
  • Selanjutnya pilih bentuk Border yang ingin kamu buat, misalnya disini saya memilih All Border
  • Tunggu beberapa saat maka baris dalam bentuk tabel akan dibuat dan muncul spreadsheet Excel.
  • Kamu bisa mengedit garis tersebut misalnya kamu ingin menebalkan garis, mengganti warna garis, dll dengan cara blok semua tabel yang sudah dibuat lalu klik kanan pada garis dan pilih Format Cells...
  • Selanjutnya ke tab Border dan disini kamu bisa mengatur garis yang sudah dibuat.
  • Berikut ini preview garis tabel yang sudah saya buat dan edit.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Garis di Microsoft Excel, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close