Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Setiap Halaman Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft Word merupakan sebuah program aplikasi pengolah kata yang cukup populer digunakan saat ini. MS Word memiliki banyak sekali fitur yang sangat membantu penggunanya, salah satunya pengguna dapat membuat tabel untuk menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat, padat, jelas dan lebih menarik.

Namun saat membuat tabel di Microsoft Word terkadang tabel yang dibuat, kolom dan barisnya terlalu banyak sehingga memakan lebih dari satu halaman. Biasanya tabel yang sudah berada di halaman kedua dan seterusnya akan susah dipahami jika judul tabel tidak ada.

Untuk mengakali hal tersebut biasanya kita membuat satu kolom khusus di halaman berikutnya yang digunakan untuk memasukkan judul tabel yang sama seperti di halaman pertama. Cara manual seperti itu tidak terlalu ampuh karena bisa saja saat kita saat memasukkan teks di halaman sebelumnya, judul tabel di halaman kedua dst akan bergeser dan otomatis kita perlu merapikannya lagi.

Oleh karena itu, ada sebuah trik yang bisa kamu lakukan untuk mengulang judul tabel sehingga judul tabel bisa tampil di setiap halaman Microsoft Word. Cara ini dikenal juga dengan istilah Repeat Header Row atau mengulangi header tabel di halaman berikutnya.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat judul tabel berulang di setiap halaman Word. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Setiap Halaman Word

Di artikel kali ini, saya akan menggunakan Microsoft Word 2010 untuk memberikan tutorial atau cara mengulang judul tabel (repeat header row) disetiap halaman Word. Namun jika kamu pengguna MS Word 2007, 2013, 2016, 2019, cara ini tidaklah jauh berbeda.

Langsung saja kita ke tutorial atau cara membuat judul tabel berulang disetiap halaman Microsoft Word:

  • Buka program aplikasi Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 di laptop atau PC
  • Jika lembar kerja sudah terbuka, silahkan buat tabel terlebih dahulu dan masukkan semua data-data yang dibutuhkan. Jika sudah, blok semua judul tabel lalu klik kanan dan pilih Table Properties...
  • Jika jendela Table Properties sudah terbuka, klik tab Row dan beri tanda centang pada Repeat as header row at the top of each page lalu klik OK untuk menyimpan pengaturan.
  • Jika sudah maka kamu telah berhasil menampilkan judul tabel di setiap halaman Word (repeat header row).
  • Selesai.

Jika kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar maka judul tabel tidak akan berubah ditiap halaman walaupun kamu menambah tabel ataupun memasukkan data yang banyak yang dapat mengakibatkan tabel bergeser ke halaman berikutnya. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Judul Tabel Berulang di Setiap Halaman Word, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close