Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengunci PPT PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Microsoft PowerPoint merupakan salah satu program aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat, mengedit dan mengelola presentasi yang keren dan menarik. PowerPoint memiliki banyak sekali fitur yang memang sangat membantu penggunanya, salah satu contohnya adalah pengguna bisa mengunci atau memberi password PPT PowerPoint agar tidak bisa diedit dan diubah orang lain. Walaupun bisa dibuka, palingan PPT read only jadinya.

Fitur ini tentunya akan sangat berguna terutama jika kamu punya slide presentasi tapi tidak ingin dibuka sembarang oleh orang lain khsusunya orang yang tidak dikenal. Disamping itu, pentingnya memberi proteksi kata sandi pada file PPT adalah agar slide PPT tidak dicopy paste sembarangan oleh orang lain tanpa sepengetahuan kita.

Setelah mengunci PPT PowerPoint, saat hendak membuka kembali file tersebut pengguna akan diminta memasukkan password / kata sandi yang sudah diatur untuk bisa melihat dan mengedit slide PPT.

Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara agar PPT tidak bisa diedit dan dicopy paste, maka pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengunci PPT PowerPoint agar tidak bisa diedit atau diubah. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengunci PPT PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit

Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan Microsoft PowerPoint 2010 untuk mengunci file PPT agar tidak bisa dibuka dan diedit. Namun jika kamu pengguna PPT PowerPoint 2007, 2013, 2016 dan 2019, cara ini tidaklah jauh berbeda. Berikut tutorialnya:
  • Buka program aplikasi MS PowerPoint di laptop atau PC
  • Kemudian buat presentasi baru di halaman kerja slide kosong yang terbuka. Namun jika kamu sudah punya file PPT yang akan diberi kata sandi, silahkan buka file tersebut
  • Selanjutnya klik menu File
  • Kemudian klik Info → Protect Presentation → Encrypt with Password
  • Masukkan password atau kata sandi pada kolom yang telah disediakan lalu klik OK.
  • Selanjutnya masukkan ulang password yang sudah diatur tadi pada kolom yang sudah disediakan lalu tekan OK
  • Jika sudah maka kamu telah memberi proteksi pada file PPT berupa password. Jika dikemudian hari ada orang ingin membuka file PPT PowerPoint, sistem akan meminta memasukkan kata sandi terlebih dahulu agar presentasinya bisa dibuka, dibaca dan diedit.
  • Selesai

Sekedar saran dalam memberi password pada file PowerPoint, usahakan gunakan kata sandi yang mudah diingat karena bakalan repot kalau kamu memberi password yang terlalu sulit dan suatu saat kamu jadi lupa passwordnya. Jika sudah demikian maka file PPT PowerPoint tidak akan pernah bisa dibuka.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengunci PPT PowerPoint Agar Tidak Bisa Diedit dan Dicopy Paste, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close