Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi Laptop Toshiba Tidak Bisa Masuk Bios

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah mengalami kejadian dimana saat ingin menginstal ulang Windows pada notebook atau laptop Toshiba, saat hendak masuk ke Bios malah tidak bisa. Kita sudah menekan tombol power kemudian menekan tombol F2 berkali-kali namun tetap saja tidak mau masuk di BIOS.

Baru-baru ini saya mengalami hal serupa dan kebingungan karenanya. Berapa kalipun saya mencoba masuk ke bios dengan menekan tombol Power kemudian F2 tetap tidak bisa. Bahkan ada juga yang menyarankan untuk menekan tombol Power + F2 bersamaan namun juga tidak bisa.

Setelah mencari-cari tahu akhirnya saya menemukan penyebab tidak bisa masuk ke Bios laptop toshiba serta cara memperbaikinya. Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengatasi laptop Toshiba tidak bisa masuk ke Bios dan Booting. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Penyebab Laptop Toshiba Tidak Bisa Masuk ke BIOS

Bagi kamu pengguna laptop Toshiba, wajib banget tahu ini. Di laptop Toshiba sudah ditanamkan fasilitas Fast Boot dimana Fast Boot ini akan melakukan proses Power On Self Test (POST) dengan sangat cepat. Jadi biar berapa kalipun kamu menekan tombol F2, tampilan Bios tidak akan muncul.

Hal ini sebenarnya bisa kita atur karena ada sebuah settingan di laptop Toshiba untuk mengatur Boot Speed nya dari normal menjadi fast. Biasanya setelah mengatur hal ini, Boot Mode biasanya tidak akan muncul. 

Disamping pengaturan tersebut, masih ada banyak penyebab laptop Toshiba tidak bisa masuk ke Bios seperti:

  • Tombol masuk ke Bios sudah tidak berfungsi (kalau di laptop Toshiba biasanya menggunakan tombol keyboard F2)
  • Bios corrupt
  • Salah tombol
  • Kita sudah terlanjur mengupgrade versi Bios misalnya dulunya kita menggunakan Bios v 1.3 lalu diupgrade ke v 6.3 dan seterusnya.

Cara Mengatasi Laptop Toshiba Tidak Bisa Masuk Bios

Mungkin kamu sudah melakukan banyak hal untuk memperbaiki laptop Toshiba tidak bisa masuk ke Bios seperti menggunakan software untuk mengembalikan pengaturan Bios seperti semula, mencabut batrei CMOS dan lain-lain namun hal tersebut tidak membantu sama sekali.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu mencoba mengatasi laptop Toshiba tidak bisa masuk ke Bios seperti yang sudah saya lakukan dengan cara ini:

  • Matikan notebook atau laptop Toshiba kamu.
  • Tekan dan tahan tombol F2 pada keyboard
  • Sambil tombol F2 terus ditekan, nyalakan laptop dengan menekan tombol Power.
  • Tunggu beberapa saat maka Bios akan muncul.

Jika sistem Boot Mode sudah muncul, segeralah untuk mengatur settingan dari Fast Boot menjadi Normal.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengatasi Laptop Toshiba Tidak Bisa Masuk Bios, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close