Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Merapikan Tabel di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Tabel merupakan alat bantu visual dengan tampilan sekumpulan kotak yang tersusun atas kolom dan baris. Tabel biasanya banyak digunakan dalam komunikasi, penelitian dan analisis data. Dengan menggunakan tabel, kita dapat menjelaskan suatu informasi secara singkat, padat, jelas sehingga lebih mudah dipahami dan ditarik kesimpulannya.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat tabel, salah satunya Microsoft Word. Di Word, kamu bisa membuat tabel lalu mengatur tabel tersebut agar terlihat lebih menarik, misalnya mengatur garis dan kolom, mengatur ukuran sel, mengatur gaya teks, memberi warna pada tabel dan lain-lain.

Namun terkadang saat membuat tabel di Word, tabel yang dibuat menjadi berantakan. Atau biasa juga saat kita mengcopy tabel dari internet lalu menempelkan tabel tersebut di Word, tabelnya menjadi berantakan dan tidak karuan. Tabel yang berantakan membuat kita susah untuk memahami data yang ada pada tabel.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara merapikan tabel yang berantakan di Microsoft Word agar rapi secara otomatis. Penasaran? Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Merapikan Tabel di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Biasanya cara yang kita gunakan untuk mengatur tabel di MS Word agar rapi adalah menggeser baris dan kolomnya satu persatu agar didapati ukuran yang diinginkan. Atau kita ingin merapikan teks / tulisan yang ada pada tabel, biasanya kita merapikan perataannya satu persatu.

Cara seperti itu adalah cara yang lawas dan jika diterapkan akan memakan waktu yang sangat lama dalam merapikan tabel. Sebenarnya ada cara cepat yang bisa kamu lakukan untuk merapikan tabel di MS Word secara otomatis. 

1. Merapikan Tabel

Nah berikut ini tutorial yang bisa kamu lakukan untuk merapikan tabel di aplikasi Microsoft Word agar terlihat lebih keren dan menarik.

  • Buka program aplikasi MS Word
  • Selanjutnya buka file dokumen berisi tabel yang akan diatur. Semisal disini saya sudah mempunyai tabel yang agak berantakan dan akan dirapikan.
  • Seperti yang terlihat, lebar kolom satu dengan yang lain terlalu berjauhan dan saya ingin merapatkan satu kolom dengan kolom yang lain. Caranya, blok seluruh tabel lalu klik menu Layout → AutoFit → AutoFit Contents
  • Nah dengan demikian tabelpun akan rapat mengikuti teks yang ada didalamnya.
  • Namun jika kamu ingin merenggangkan kembali tabel, silahkan blok semua tabel lalu ke menu Layout → AutoFit → AutoFit Window. 
  • Selesai.
Selain cara diatas, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran tinggi baris tabel dan lebar baris tabel sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Misalnya saya ingin mengatur tingginya menjadi 0,7 cm (awal 0,5 cm) dan lebarnya menjadi 3 cm. Tutorialnya sebagai berikut:
  • Blok tabel yang akan dirapikan lalu ke menu Layout → grup Cell Size
  • Di bagian grup ini kamu akan melihat Height dan Width yang bisa digunakan untuk mengatur lebar dan tinggi baris tabel. Silahkan sesuaikan, misalnya disini Tinggi (Height) saya atur menjadi 0,7 cm dan Lebar (Width) 3 cm. Jika sudah tekan Enter di keyboard
  • Dengan demikian lebar dan tinggi baris akan berubah sesuai dengan ukuran yang telah kita masukkan tadi.
  • Selesai.

2. Merapikan Teks / Tulisan dalam Tabel

Dalam tabel yang dibuat pasti akan diisi teks atau data. Teks tersebut perlu juga kita rapikan misalnya untuk jenis huruf yang digunakan, ukuran huruf dan perataan teks. Berikut cara merapikannya:
  • Buka aplikasi MS Word berisi tabel yang akan dirapikan teksnya.
  • Selanjutnya blok semua tabel lalu ke menu Layout → Grup Alignment. Disini kamu bisa menyesuaikan perataan teks dalam tabel misalnya rata kiri, rata kanan dan rata tengah. Disamping itu, kamu juga bisa menyesuaikan posisi teks dalam kolom misalnya tepat di bagian atas, tengah atau bawah.
  • Untuk mengatur jenis huruf, ukuran huruf, warna huruf, Bold, Italic, Underline dsb yang akan digunakan, kamu bisa ke menu Home → Font. Disini kamu bisa menyesuaikan segala hal tentang font.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Merapikan Tabel di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close