Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Tes Kecepatan Mengetik Online

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu penasaran, sudah seberapa cepatkah kamu mengetik di keyboard laptop atau PC? Jadi sekarang ini sudah ada tools yang bisa digunakan untuk mengecek seberapa cepatkah kita mengetik 10 jari. Pengecekan kecepatan mengetik ini dikenal dengan istilah typing speed test. Cara mengukurnya adalah menggunakan satuan KPM (Kata Per Menit).

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara tes kecepatan mengetik bahasa Indonesia secara online dengan typing test Indonesia. Penasaran? Yuk langsung disimak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Tes Kecepatan Mengetik / Typing Test Speed?

Tes kecepatan mengetik atau typing test speed merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mengukur seberapa cepat seseorang mengetik menggunakan satuan KPM (Kata per Menit). Jadi akan ada sejumlah kata yang ditampilkan pada layar dan kamu akan diberi waktu misalnya 1 menit untuk mengetik kata-kata tersebut sampai selesai.

Semisal dalam mengetik kata kamu typo atau salah ketik maka kamu tidak bisa lanjut mengetik kata berikutnya dan kamu harus memperbaiki typo tersebut sampai benar. Typo saat tes kecepatan mengetik dapat mengurangi skor akhir kamu.

Cara Tes Kecepatan Mengetik Online

Di internet ada banyak sekali aplikasi maupun situs website yang bisa kamu gunakan untuk tes kecepatan mengetik online dan gratis. Berikut ini beberapa rekomendasi dari Blogger Toraja dan wajib kamu coba:

1. 10FastFingers: Tes Mengetik Indonesian

Situs web pertama yang bisa kamu gunakan untuk tes kecepatan mengetik adalah 10 Fast Fingers. Situs ini memiliki beragam fitur untuk tes mengetik misalnya tes mengetik 200 kata, tes mengetik mahir 1000 kata, custom typing test, multiplayer typing test, kompetisi mengetik, dan lain-lain. 

Selain untuk tes mengetik, kamu juga bisa bertanding dengan orang lain siapa yang paling cepat mengetik dan hasilnya akan langsung ditampilkan pada halaman web. Disini, kamu juga bisa melihat papan peringkat orang-orang yang telah mengikuti tes kecepatan mengetik dalam 24 jam terakhir dari yang paling tercepat sampai terlambat.

Nah berikut ini cara tes kecepatan mengetik Indonesia menggunakan situs web 10fastfingers:

  • Buka browser seperti Google Chrome di laptop atau PC kamu
  • Selanjutnya masuk ke laman situs 10FastFingers melalui link berikut: https://10fastfingers.com/typing-test/indonesian
  • Jika sudah berada dalam halaman webnya, kamu bisa mengatur bahasa tes mengetik terlebih dahulu. Disini tersedia beberapa bahasa yang bisa kamu pilih, salah satunya bahasa Indonesia.

  • Jika bahasanya sudah diatur, kata untuk typing test speed akan langsung dimunculkan. Kamu bisa langsung memulai tes mengetiknya di kolom yang telah disediakan dengan kurun waktu 1 menit.
  • Kamu bisa klik tombol refresh jika ingin memulai tesnya dari awal lagi.
  • Selesai.

2. Monkey Type

Situs kedua yang bisa kamu gunakan untuk tes kecepatan mengetik online adalah Monkey Type. Situs ini cukup viral dan banyak digunakan orang untuk mengetahui seberapa cepat seseorang mengetik di laptop atau PC. Kelebihan situs ini adalah sangat mudah digunakan dan tentunya gratis.

Berikut ini cara tes kecepatan mengetik online menggunakan Monkey Type:

  • Buka situs Monkey Type melalui link berikut: https://monkeytype.com/
  • Jika sudah berada dalam situsnya, kamu bisa langsung memulai tesnya dengan mengetik kata yang muncul pada layar
  • Jika kamu ingin mengubah bahasa tesnya, disini juga tersedia beberapa bahasa yang bisa dipilih salah satunya bahasa Indonesia.
  • Jika sudah selesai melakukan tes, hasilnya akan langsung muncul di halaman website mulai dari berapa karakter yang berhasil diketik, keakuratan berapa persen, waktu, WPM dan lain-lain.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Tes Kecepatan Mengetik Online Bahasa Indonesia, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close