Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Mind Mapping di WPS Office HP

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mind Mapping merupakan sebuah metode untuk mengelompokkan ide dalam bentuk kerangka yang disusun secara rapi dan sistematis guna membantu mengingat dan menganalisis sebuah masalah. Sedangkan Mind Map adalah suatu gambar dari peta pikiran yang telah dibuat dan dikelompokkan berdasarkan ide-ide yang ada di pikiran.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat Mid Map khususnya di HP Android dan iPhone, salah satunya WPS Office. WPS Office sudah menyediakan berbagai macam tools yang memudahkan penggunanya dalam mendesain tampilan Mind Map sehingga terlihat lebih menarik dan aesthetic.

Buat kamu yang belum tahu apa itu WPS Office, jadi WPS Office merupakan seperangkat alat kerja kantoran dimana melalui aplikasi ini kamu bisa mengerjakan berbagai macam dokumen seperti dokumen Word, Excel dan PowerPoint. Yah fungsinya tidak jauh berbedalah dengan program aplikasi Microsoft Office.

Disamping itu, WPS Office juga sudah menyediakan berbagai macam template Mind Mapping yang bisa kamu gunakan secara gratis jikalau kamu malas membuat desain peta konsep. Jadi kamu tinggal mengedit sedikit teks yang ada di template agar sesuai kebutuhan dan Mind Map kamupun bisa langsung jadi.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat Mind Map (Peta Konsep) di WPS Office HP. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Mind Mapping di Word HP WPS Office

Untuk membuat Mind Map di aplikasi WPS Office, ada dua cara yang bisa kamu lakukan yakni menggunakan template Mid Map yang sudah tersedia atau mengedit tampilan Mid Map secara manual. Kedua hal tersebut akan saya bahas di artikel kali ini.

1. Membuat Peta Konsep di WPS Office Menggunakan Template

Seperti yang sudah saya katakan tadi bahwa di WPS Office sudah tersedia template Mind Map yang bisa kamu gunakan secara gratis. Berikut ini cara mencari dan menggunakan template Mind Map tersebut:

  • Buka aplikasi WPS Office di HP Android atau iPhone
  • Didalam aplikasi WPS Office, klik icon Search
  • Di kolom pencarian, ketik Mind Map lalu tunggu beberapa saat sampai semua template Mind Mapping dimunculkan dalam halaman aplikasi. Silahkan pilih salah satu template yang akan kamu gunakan
  • Jika muncul preview Mind Mapping, klik Gunakan Sekarang dan tunggu beberapa saat sampai templatenya berhasil dimuat.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman kerja WPS Office. Disini kamu bisa mengedit tampilan dan teks peta konsep agar sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Jika sudah diedit, kamu bisa menyimpan Mind Map yang sudah dibuat ke HP kamu.
  • Selesai.

2. Membuat Mind Map di WPS Office Secara Manual

Selain menggunakan template Mind Map, kamu juga bisa membuat peta konsep secara manual di WPS Office menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Berikut tutorialnya:

  • Buka aplikasi WPS Office di HP kamu.
  • Didalam aplikasi WPS Office, klik icon Tambah (+) → Doc → Dokumen Kosong
  • Jika sudah berada dalam lembar kerja WPS Writter, klik icon menu di pojok kiri bawah
  • Lalu ke menu Sisipkan → Bentuk
  • Disini kamu bisa dengan bebas memilih Shape yang akan digunakan untuk membuat Mind Map. Silahkan buat desain Mind Mapping menggunakan bentuk-bentuk yang ada.
  • Jika bentuknya sudah dibuat, kamu bisa menambahkan teks pada peta konsep yang dibuat
  • Kalau sudah selesai membuat Mind Map, kamu bisa menyimpan desainnya ke HP kamu.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Mind Mapping di WPS Office HP Android dan iPhone, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close