Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menggabungkan File Skripsi yang Terpisah di Microsoft Word

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh tiap mahasiswa agar bisa lulus dari kampus. Skripsi dapat diartikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu serta mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku.

Umumnya skripsi terdiri dari cover/sampul, prabab (halaman pengesahan, abstrak, daftar isi, daftar tabel, ucapan terima kasih, dll), BAB inti (BAB 1 Pendahuluan, BAB 2 Kerangka Teori, BAB 3 Metodologi, BAB 4 Hasil Penelitian, BAB 5 Penutup), Daftar Pustaka dan Lampiran.

Saat membuat skripsi biasanya kita memisahkan filenya menjadi beberapa bagian agar lebih mudah dikerjakan di Microsoft Word. Namun saat hendak dikumpulkan ke dosen pembimbing atau ke dosen penguji, kita harus menyatukan kembali file skripsi yang terpisah tersebut dalam satu file Word saja.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menggabungkan file skripsi Bab 1, 2, 3 yang terpisah menjadi satu di Microsoft Word. Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Menggabungkan File Skripsi yang Terpisah di Microsoft Word

Di artikel ini, saya akan menggunakan Microsoft Word 2010 untuk menggabungkan file skripsi yang terpisah menjadi satu. Namun jika kamu pengguna Word 2007, 2013, 2016 atau 2019, cara ini tidaklah jauh berbeda. Berikut tutorialnya.

  • Semisal disini saya mempunyai file skripsi BAB 1 dan BAB 2 yang akan saya gabungkan. Jadi silahkan buka BAB 1 terlebih dahulu.

  • Jika sudah berada dalam halaman kerja MS Word, silahkan ke paragraf terakhir di BAB 1 skripsi dan tempatkan kursor di akhir tulisan. Klik menu Layout → Page Breaks  → Next Page

  • Maka halaman kosong akan muncul di lembar kerja. Pastikan kursormu sudah berada di halaman kosong tersebut. Selanjutnya klik menu Insert → Object → Text from File...

  • Pilih skripsi BAB 2 dalam folder lalu klik Insert

  • Tunggu beberapa saat maka BAB 2 skripsi akan ditambahkan ke halaman kerja Word. 

  • Lakukan kembali langkah-langkah diatas untuk bagian BAB lainnya pada skripsi kamu yang aan disatukan.
  • Selesai.

Dengan cara diatas, kamu tidak perlu lagi membuka satu persatu file skripsi lalu di copy paste jika ingin menyatukannya. Disamping itu, file skripsi yang sudah disatukan jauh lebih rapi dibandingkan dengan kalau kita menggabungkannya secara manual. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menggabungkan File Skripsi yang Terpisah di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, 2019, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close