Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Word ke PPT PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Dalam beberapa kesempatan, mungkin kamu ingin mengubah file MS Word ke PowerPoint untuk dipresentasikan di hadapan audience. Biasanya untuk mengubah Word ke PPT secara otomatis kita menggunakan tools convert files online yang banyak bertebaran di internet

Sebenarnya Microsoft Word sendiri sudah menyediakan tools untuk convert dokumen Word to PPT PowerPoint secara otomatis dan mudah. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi memindahkan isi pada dokumen Word satu per satu ke slide PPT PowerPoint karena bisa dilakukan secara otomatis.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah Word ke PPT PowerPoint tanpa aplikasi tambahan. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Word ke PPT PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019

Dalam artikel ini, saya akan menggunakan Microsoft Office 2010 untuk menconvert dokumen Word ke PPT PowerPoint. Namun cara ini tidak jauh berbeda jika kamu pengguna MS Office 2007, 2013, 2016 atau 2019. Berikut tutorialnya:

  • Pertama, buka dokumen Word yang akan kamu ubah menjadi slide PPT PowerPoint
  • Jika sudah berada di halaman kerja MS Word, klik menu File

  • Selanjutnya klik menu Options

  • Di jendela Word Options yang terbuka, klik Quick Access Toolbar dan di Choose Commands From, ubah ke All Commands.

  • Selanjutnya cari perintah Send to Microsoft PowerPoint. Jika sudah dapat silahkan di Add > > maka perintah akan muncul di kolom sebelahnya. Klik OK untuk menyimpan pengaturan.

  • Jika semuanya sudah diatur, langkah selanjutnya adalah mengubah isi dokumen Word menjadi slide PPT PowerPoint. Namun sebelum itu, kamu perlu mengatur judul dan isinya agar nanti ketika sudah di Convert menjadi slide PPT bisa rapi. Untuk Judul gunakan Heading 1 dan untuk isi gunakan Heading 2. Lakukan untuk semua materi yang ada di dokumen Word karena jika ada satu paragraf saja yang tidak diberi Heading maka proses convert tidak akan berhasil.

  • Selanjutnya klik icon Send to Microsoft PowerPoint

  • Tunggu beberapa saat maka isi dokumen Word kamu akan diubah menjadi slide PowerPoint.

  • Selesai

Dengan cara diatas, kamu bisa lebih cepat membuat slide presentasi PowerPoint jika materinya bersumber dari dokumen Word karena semuanya dilakukan secara otomatis. 

Sesudah file Word diconvert menjadi slide PowerPoint, kamu bisa menyesuaikan kembali tampilannya atau memberi efek animasi agar slide yang dibuat bisa terlihat lebih menarik saat dipresentasikan. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Word ke PPT PowerPoint, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close