Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengubah Tampilan Windows 8 / 8.1 menjadi Windows 7

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Windows 8 merupakan salah satu versi dari Microsoft Windows yang adalah serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.

Sekarang ini ada banyak sekali pengguna windows 7 yang sudah beralih ke windows 8 / 8.1 karena berbagai macam alasan seperti multi monitor windows 8 jauh lebih baik dibanding windows 7, fitur charms yang tidak dimiliki windows 7 sudah hadir di windows 8 dimana pengguna tinggal menggerakkan mouse ke sebelah kanan layar untuk mengakses menu search, share, device dan settings, serta yang paling mendasar dari windows 8 adalah fitur layar sentuh dan masih banyak lagi keunggulan Windows 8 / 8.1 dibandingkan dengan windows 7.

Buat kamu yang sudah upgrade ke windows 8 / 8.1 pasti merindukan tampilan windows 7 apalagi jika kamu sudah sangat terbiasa menggunakan windows 7 di laptop atau PC. Ditambah lagi tampilan start menu windows 8 / 8.1 agak ribet ketika digunakan.

Untuk mengakali hal tersebut, kamu tidak perlu downgrade windows karena windows 8 / 8.1 yang kamu gunakan sekarang tampilan start menunya bisa diubah menjadi windows 7. Jadi nantinya ketika mouse digerakkan ke start menu, bukan tampilan start menu windows 8 / 8.1 lagi yang muncul melainkan windows 7.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengubah tampilan start menu windows 8 / 8.1 menjadi windows 7 dengan mudah. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Mengubah Tampilan Windows 8 / 8.1 Menjadi Windows 7

Untuk mengubah tampilan start menu windows 8 / 8.1 menjadi windows 7, kita memerlukan satu software bernama Classic Shell yang harus diinstal pada laptop atau komputer.

Classic Shell adalah sebuah program komputer untuk Microsoft Windows yang menyediakan elemen antarmuka pengguna yang dimaksudkan untuk memulihkan fitur yang sudah dikenal dari versi Windows sebelumnya. Fitur yang dimaksudkan berfokus pada menu Start, File Explorer dan Internet Explorer, tiga komponen utama dari shell Windows.

1. Download Classic Shell Windows 7, 8, 8,1, 10, 11

Untuk mendownload Classic Shell, kamu bisa klik tombol download dibawah ini.

Download Classic Shell

2. Instal Classic Shell

Sesudah mendownload software Classic Shell, langkah selanjutnya adalah menginstal Classic Shell di laptop atau komputer kamu lalu mengubah tampilan windows 8 / 8.1 menjadi windows 7. Berikut tutorialnya:

  • Buka folder Download lalu cari Setup Classic Shell yang sudah didownload tadi.
  • Klik kanan pada file Setup lalu klik Run as administrator
  • Jika muncul jendela pemberitahuan User account control, klik Yes untuk menlanjutkan
  • Kemudian akan muncul jendela Classic Shell Setup, klik Next
  • Selanjutnya akan muncul jendela End - User License Agreement, beri tanda centang pada I accept the terms in the License Agreement lalu klik Next
  • Selanjutnya akan muncul jendela Custom Setup, silahkan klik Next
  • Terakhir akan muncul jendela Ready to Instal Classic Shell, silahkan klik Instal
  • Tunggu beberapa saat sampai Classic Shell berhasil diinstal ke perangkat kamu.
  • Selesai

3. Mengubah Tampilan Windows 8 / 8.1 Menjadi Windows 7 Dengan Classic Shell

Jika kamu sudah selesai menginstal aplikasi Classic Shell di laptop atau komputer, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mengubah tampilan windows 8 / 8.1 menjadi windows 7 menggunakan Classic Shell. Berikut tutorialnya.

  • Buka program aplikasi Classic Shell yang sudah diinstal tadi. 
  • Jika sudah terbuka, silahkan klik Start Menu Style. Di bagian ini kamu bisa mengatur tampilan Start Menu yang akan ditampilkan pada perangkat. Disini tersedia 3 pilihan yakni Classic Style, Classic With Two Columns, dan Windows 7 Style. 
  • Kamu juga bisa mengubah icon Start Menu dengan cara klik Replace Start Button lalu pilih salah satu icon Start Menu yang akan digunakan. 
  • Namun jika kamu ingin logo Start Menu mengikuti bawaan windows 8 / 8.1, jangan beri icon centang pada Replace Start Button tapi isi dari Start Menu tetap akan mengikuti tampilan windows 7. Jika semua sudah diatur klik OK untuk menyimpan pengaturan.

    • Jika sudah maka tampilan Start Menu kamu akan sama seperti gambar dibawah ini
    • Selesai

    Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

    Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengubah Tampilan Windows 8 / 8.1 menjadi Windows 7, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

    Blogger Toraja
    Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
    close