Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Presentasi merupakan sebuah usaha berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, atau materi. Bahan presentasi harus disiapkan sebaik mungkin (menarik, interaktif dan tidak membosankan) agar apa yang hendak disampaikan oleh presentator boleh diterima baik oleh audience. 

Untuk membuat slide presentasi, umumnya kita menggunakan program aplikasi Microsoft PowerPoint di laptop atau PC. Buat kamu yang mageran dalam mengedit tampilan desain presentasi, pasti lebih memilih menggunakan desain template PPT yang sudah ada.

Namun sayangnya template yang disediakan oleh PowerPoint sangatlah terbatas dan terlihat monoton. Untuk mengakalinya biasanya pengguna download template ppt gratis dari sumber lain lalu dimasukkan kedalam aplikasi PowerPoint. 

Selain menggunakan Microsoft PowerPoint, kita juga bisa membuat presentasi PowerPoint di aplikasi Canva. Salah satu kelebihan Canva adalah tersedianya beragam template aesthetic dan keren serta bisa digunakan secara gratis.

Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari dan mendownload PowerPoint Template dari sumber lain dan memasukkannya ke Canva karena di canva ada ribuan template PPT PowerPoint yang bebas kamu gunakan. Disamping itu, Canva juga bisa dijalankan disegala perangkat seperti HP Android, iOS, Microsoft Windows dan Mac OS.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat slide presentasi PowerPoint (PPT) di aplikasi Canva. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva

Berikut ini cara membuat slide presentasi PowerPoint (PPT) menggunakan Canva:

  • Buka Canva di HP Android, iPhone, atau masuk ke laman situs Canva melalui link berikut: https://www.canva.com/
  • Jika sudah berada dalam Canva, klik Presentations lalu pilih Presentation (16:9)
  •  Jika sudah berada dalam halaman pengeditan Canva, klik menu Template lalu di kolom pencarian ketik jenis template yang ingin kamu cari misalnya disini saya ingin mencari template PPT aesthetic. Jika templatenya sudah muncul silahkan pilih dan gunakan salah satu template yang tersedia.
  • Untuk menggunkana template PPT PowerPoint, klik Apply All Pages lalu tunggu beberapa saat sampai templatenya dimunculkan pada halaman kerja pembuatan slide presentasi Canva
  • Selanjutnya kamu bisa mengedit template yang sudah ada seperti mengganti teks dengan isi materi presentasi kamu. Jika kamu ingin menambahkan teks baru kedalam slide presentasi, kamu bisa menambahkannya melalui menu Teks.
  • Selain itu kamu juga bisa menambahkan gambar / foto, video maupun audio kedalam slide presentasi dengan cara klik menu Upload lalu klik Upload Media → pilih audio, video atau gambar → Open lalu tunggu beberapa saat maka file yang dipilih akan ditambahkan ke presentasi yang kamu buat.
  • Untuk membuat tampilan slide presentasi jauh lebih menarik, kamu bisa menambahkan objek, element atau efek animasi lainnya kedalam presentasi PowerPoint yang sedang dibuat di Canva. Semua fitur untuk menambahkan bagian-bagian tersebut sudah tersedia dan bisa digunakan secara gratis. Jadi disini kreatifitasmu dibutuhkan untuk mengedit desain template PPT agar terlihat lebih aesthetic dan menarik.

Cara Menyimpan Slide Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva

Setelah selesai membuat presentasi di canva, kamu bisa menyimpan (save) presentasi PowerPoint yang sudah dibuat ke perangkat kamu. Berikut ini cara save ppt di Canva agar tidak berubah saat dibuka di perangkat lain:

  • Pertama, klik menu Share di pojok kanan atas lalu pilih Download

  • Di bagian File Type, silahkan tentukan jenis file yang akan kamu gunakan untuk menyimpan slide presentasi PowerPoint yang sudah dibuat, apakah dalam bentuk PNG, PDF, MP4, JPG, GIF, PPT dan lain-lain. Jika sudah klik Download
  • Tunggu beberapa saat maka PPT yang sudah kamu buat di Canva akan disimpan ke perangkat.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close