Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Kompres Video Online Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para konten kreator video saat hendak mengupload karya mereka di platform atau sosial media seperti Youtube, Facebook, Tiktok, Instagram, Twitter, dan lain-lain adalah ukuran video yang tergolong cukup besar.

Bahkan tidak tanggung-tanggung jika durasi video lama, ukurannya bisa mencapai lebih dari 1 gigabyte. Oleh karena itu sebelum mengupload video ke media sosial, salah satu hal yang biasanya dilakukan adalah mengkompres ukuran video dari ukuran aslinya.

Memperkecil ukuran video juga bisa mempersingkat waktu saat mengupload video ke sosial media. Disamping itu ada beberapa sosial media yang memiliki batasan ukuran untuk mengirim video, jadi jika ukuran video terlalu besar maka video tersebut akan diubah menjadi suatu file yang tidak bisa dibuka.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara kompres video online tanpa aplikasi di HP android, iPhone, laptop atau PC dengan mudah. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Situs Website Untuk Memperkecil Ukuran Video Online

Di internet ada banyak sekali situs website compress video online yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video tanpa aplikasi. Umumnya situs web tersebut mendukung berbagai macam format video seperti format AVI, MKV, FLV, RMVB, 3GP, MPEG, WMV, MOV, MP4 dan lain-lain.

Dengan situs web kompresor video online ini kamu tidak perlu repot-repot menginstal aplikasi kompressor video atau aplikasi edit video lainnya hanya untuk memperkecil ukuran video. Selain itu kualitas video setelah dikompress tidak akan berubah menjadi burik atau pecah-pecah.

Nah berikut ini rekomendasi beberapa situs website yang bisa kamu gunakan untuk memperkecil ukuran video online tanpa menurunkan kualitas video:

1. Veed.io

Veed.io merupakan salah satu situs website yang bisa digunakan untuk mengedit video secara online dan gratis. Melalui situs ini, kamu bisa membuat video hanya dengan satu klik lalu mengedit video tersebut seperti menambahkan subtitle, transkripsikan audio, dan lain-lain.

Disamping itu, situs Veed io juga memiliki fitur kompressor video online yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran video secara online bahkan sampai 81% dari ukuran aslinya. Salah satu kelebihan situs website ini adalah kamu tidak perlu mendaftar atau membuat akun untuk menggunakan fiturnya.

2. Kamua.com/tinyvid

TinyVideo merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kamua dan dapat diunduh untuk Mac, Windows & Linux. Fokus utamanya adalah para konten kreator khususnya gamer yang perlu memangkas rekaman mereka dengan cepat serta memastikan video mereka dapat dibagikan di Discord.

Bukan hanya itu saja, software ini juga berguna bagi orang yang ingin berbagi video, tetapi tempat di mana mereka perlu membagikannya memiliki batasan ukuran seperti di Whatsapp kita hanya bisa membagikan video dengan batas 64MB saja.

Atau ketika kamu memiliki file video yang tidak dapat diputar oleh perangkat kamu seperti file .mkv, .avi, atau bahkan .flv dan kamu perlu menyematkannya dalam presentasi PowerPoint, TinyVid hadir untuk mengonversi / mengompres dan memangkas video tersebut.

3. Freeconvert.com

FreeConvert adalah sebuah situs web yang bisa digunakan untuk mengkonversi berbagai macam file. FreeConvert mendukung lebih dari 1500 konversi file sehingga kamu dapat mengonversi video, gambar, file audio, atau e-book. Ada banyak Advenced Options untuk menyempurnakan konversi file kamu.

Dengan situs ini, kamu bisa mengkompres video di Windows, Mac, Linux, atau perangkat seluler apa pun. Semua browser utama didukung dan kamu cukup mengunggah file lalu pilih format target.

4. Onlineconverter.com

Online Converter merupakan situs kompress file seperti gambar, audio, ebook, dokumen dan video dengan fitur yang cukup lengkap menurut saya. Melalui situs ini kamu bisa memilih video size yang diinginkan sebelum dikompress. Disamping itu, layanan ini bisa kamu gunakan secara gratis untuk konversi berbagai macam format file sehingga akan sangat berguna untuk pekerjaan maupun kehidupan pribadi kamu.

Cara Kompres Video Online Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop

Berikut ini cara memperkecil ukuran video secara online tanpa aplikasi di HP dan laptop. Sebagai contoh disini saya akan menggunakan situs website veed.io untuk kompres video. Berikut tutorialnya:

  • Buka browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Operamini, dll di HP android, iPhone, laptop atau PC
  • Kemudian buka situs web Veed io melalui link berikut: https://www.veed.io/
  • Jika sudah berada dalam situsnya, klik menu Tools lalu pilih Video Compressor
  • Selanjutnya klik Choose Video
  • Lalu pilih Upload File (support file video MP4, MOV, MKV, Avi, WMV, FLV)
  • Buka folder tempat kamu menyimpan video → pilih video → Open
  • Tunggu beberapa saat sampai video selesai diupload kedalam situs. Jika sudah, kamu bisa menyesuaikan ukuran Compression (Smaller File, Normal, High Quality) maupun resolusi. Jika sudah, klik Compress Video untuk memperkecil ukuran video ke ukuran yang sudah ditentukan.
  • Tunggu beberapa saat sampai video kamu berhasil dikompres. Jika sudah, klik Download
  • Maka video yang telah diperkecil ukurannya akan tersimpan ke perangkat kamu.
  • Selesai.

Video yang sudah kamu perkecil ukurannya kemudian bisa dibagikan ke media sosial seperti Facebook, IG, Youtube, dan lain-lain. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Kompres Video Online Tanpa Aplikasi di HP dan Laptop, semoga dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close