Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membaca Artikel Berita Tanpa Berpindah Halaman

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pernahkah kamu membuka sebuah situs website di internet tapi saat hendak memnaca artikelnya ternyata artikel tersebut dibagi menjadi beberapa halaman. Untuk membaca lanjutan artikel, kita harus menekan tombol Halaman Berikutnya terlebih dahulu lalu situs web akan mengarahkan kita ke kelanjutan artikel yang sedang dibaca.

Kebanyakan yang membuat tampilan website menjadi beberapa halaman adalah situs berita atau media online. Cara ini mereka gunakan untuk meningkatkan visitor atau pembaca ke web. Dengan meningkatnya pembaca secara otomatis penghasilan dari iklan (mis: Google Adsense, MGID) juga ikut meningkat.

Walaupun demikian yang menjadi korban adalah para pengunjung website yang sedang mencari informasi. Kebanyakan orang ketika mencari artikel di internet kemudian menemukan website yang artikelnya dibagi menjadi beberapa halaman, mereka akan spontan meninggalkan website tersebut dan mencari alternatif web lainnya yang nyaman dibaca.

Belum lagi jika website tersebut page speednya lambat ditambah lagi iklan yang bejibun alias sangat banyak. Jadi males deh baca artikel kalau kasusnya sudah seperti itu.

Untungnya seorang programer bernama Dimas Miftahul Huda menciptakan sebuah extensions bernama Newsful dimana ekstensi tersebut bisa menyatukan semua artikel yang sudah dibagi-bagi menjadi satu halaman saja. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi jika menemukan blog atau website yang membagi artikelnya menjadi beberapa halaman karena dengan ekstensi ini kamu bisa membaca artikel tersebut dalam satu halaman full.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membaca artikel di blog, website atau portal berita tanpa harus berpindah halaman. Penasaran? Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Membaca Artikel Berita Tanpa Berpindah Halaman

Untuk membaca artikel berita yang dibagi menjadi beberapa halaman tanpa harus berpindah halaman, tutorialnya sebagai berikut:

  • Pertama, download ekstensi Newsful di platform Github melalui link berikut: https://github.com/dimasmiftah/newsful
  • Jika sudah dalam platform Github, klik Code lalu Download Zip
  • Tunggu beberapa saat sampai file ekstensi Newsful berhasil didownload. Jika sudah, silahkan buka folder Downloads di laptop atau PC kamu lalu cari file yang sudah didownload tadi. Klik kanan pada file lalu Extract Here
  • Jika filenya sudah diekstrak, akan terbentuk sebuah folder bernama Newsful-main di folder Downloads. Folder tersebut berisi file extensions Google Chrome.
  • Langkah selanjutnya adalah memasukkan file ekstensi yang sudah diekstrak ke program aplikasi Google Chrome. Caranya buka Google Chrome di laptop atau PC lalu klik icon Titik Tiga (፧) → More Tools → Extensions
  • Jika sudah berada di halaman extensions Google Chrome, aktifkan sakelar Developer Mode lalu klik Load Unpacked
  • Selanjutnya masuk ke folder Downloads (tempat kita mengekstrak ekstensi tadi) lalu pilih folder Newsful-main. Jika sudah klik Select Folder
  • Tunggu beberapa saat maka extension Newsful akan ditambahkan ke Google Chrome. Disini extensionnya juga sudah aktif jadi bisa langsung digunakan.
  • Untuk melakukan ujicoba, silahkan buka salah satu blog, website atau portal berita online yang artikelnya dibagi menjadi beberapa halaman dan nantinya kamu akan melihat artikel yang dibagi-bagi tersebut akan tersedia dalam satu halaman saja.
  • Selesai.

Extension Newsful Google Chrome ini memang sudah terbukti dapat menghilangkan paginasi pada artikel berita yang dibagi menjadi beberapa halaman. Ekstensi ini merupakan ekstensi yang sangat wajib kamu instal di Google Chrome apalagi jika kamu sering browsing mencari informasi di internet menggunakan aplikasi Google Chrome.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membaca Artikel Berita Tanpa Berpindah Halaman, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close