Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Tabel di Blog (Blogger / Blogspot)

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Blogger / Blogspot merupakan sebuah platform penerbitan blog yang menerima blog multi pengguna dengan entri bertanda waktu. Melalui platform ini, kamu bisa membuat blog pribadi lalu menerbitkan tulisan-tulisanmu di blog tersebut. Umumnya platform ini bisa diakses dari subdomain "blogspot.com".

Walaupun demikan platform ini masih memiliki banyak sekali keterbatasan terutama dalam membuat postingan di blog, salah satunya dalam hal pembuatan kolom tabel. Jika di Wordpress kita bisa langsung membuat tabel melalui postingan blog, berbeda dengan blogger. 

Agar bisa membuat tabel di postingan blogger, kamu perlu membuat tabel terlebih dahulu di platform table generator atau aplikasi-aplikasi pembuat tabel seperti MS Excel atau MS Word. Tabel yang sudah dibuat kemudian dipindahkan kedalam postingan blogger.

Memang agak repot tapi mau tidak mau memang harus seperti itu karena platform blogspot tidak menyediakan fitur untuk membuat tabel.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat tabel online responsive dan keren di postingan blog (Blogspot / Blogger). Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Membuat Tabel Responsive di Blog (Blogger / Blogspot)

Di internet ada banyak sekali situs website table generator yang bisa kamu gunakan untuk membuat tabel online, salah satunya tablesgenerator.com. Tabel yang sudah dibuat jika dimasukkan kedalam blog hasilnya dijamin responsive dan keren.

Melalui situs Tables Generator, kamu bisa menyesuaikan bentuk seperti menambahkan warna, menambahkan teks kedalam tabel, merge cell, split cell, menambahkan kolom dan baris dan lain-lain.

Nah berikut ini tutorial cara membuat tabel responsive dan keren di blog secara online menggunakan Tables Generator:

  • Buka browser lalu masuk ke situs website Tables Generator
  • Jika sudah berada dalam halaman situs Tables Generator, klik menu HTML → File → New Table...
  • Kemudian masukkan jumlah baris (rows) dan kolom (columns) yang akan kamu buat. Misalnya disini saya ingin membuat 6 baris (kebawah) dan 4 kolom (kesamping) lalu klik Create
  • Maka tabelpun akan muncul di halaman web. Nah disini kamu bisa langsung memasukkan data kedalam tabel
  • Kamu juga bisa menyesuaikan tampilan tabel sesuai kebutuhan agar terlihat menarik. 
    • Menggabungkan tabel: Cell → Merge Cells
    • Menambahkan kolom tabel: Column → Insert to the left / Insert to the right
    • Menambahkan baris tabel: Row → Insert Above / Insert Below
  • Selain pengaturan diatas, kamu juga bisa mengatur warna tabel, warna background tabel, warna teks / tulisan, perataan teks (rata kiri, kanan, tengah), Bold, Italic, Underline, menyisipkan gambar kedalam tabel, dan lain-lain menggunakan tools yang sudah tersedia.
  • Jika tabel sudah diatur, langkah selanjutnya klik Generate → Copy to Clipboard
  • Selanjutnya masuk ke Dashboard Blogger lalu Buat Postingan Baru. Jika sudah berada dalam halaman pengetikan artikel, ubah Tampilan Menulis menjadi Tampilan HTML
  • Kemudian tekan Enter satu lalu buat tag <p> (Paragraf)

  • Selanjutnya tempelkan (paste) script html tabel yang sudah disalin tadi tepat dibelakang tag <p>

  • Pada akhir script html tabel, buat lagi tag <p> dan diikuti teks. Contoh: <p>Jadi begitulah cara membuat tabel. Hal tersebut dimaksudkan agar pada Tampilan Menulis nanti terbentuk paragraf baru tempat kamu menyambung tulisan artikel yang sedang dikerjakan.
  • Selanjutnya masuk kembali ke Tampilan Menulis di postingan blogger dan hasilnya akan tampil seperti gambar dibawah.
  • Mungkin di postingan blogger kamu belum melihat tabel terbentuk tetapi jika kita klik Preview atau sudah mempublikasikan artikel yang dibuat, tabelnya akan muncul di halaman blog kita.
  • Atau lebih jelasnya, tampilan tabel yang sudah dibuat akan berbentuk seperti dibawah ini

Nama Nirm Jurusan Alamat
Tofan 2010 Teologi Sangalla
Admadi 2011 Teologi Makale
Tessar 2012 Teologi Makale
Yoram 2013 Teologi Rantepao
Salman 2014 PAK

  • Selesai

Memang sih agak sulit membuat tabel di postingan blogger, tapi kalau kamu sudah terbiasa dan sering dilakukan maka akan terasa lebih mudah.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Tabel di Blog (Blogger / Blogspot), semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close