Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Lightroom Selfie dalam Ruangan / Indoor

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Sudah bukan rahasia lagi kalau aplikasi Lightroom bisa membuat foto yang awalnya terlihat biasa-biasa saja menjadi lebih aesthetic hanya dengan menerapkan beberapa pengaturan dan rumus seperti pencahayaan, warna, campuran warna, split tone, kurva, efek maupun detail.

Jika kamu punya hobi selfie menggunakan kamera HP, biasanya hasil foto selfie tersebut terlihat kurang menarik. Bisa saja pencahayaan pada foto terlalu terang atau bahkan terlalu gelap. Tentu kita akan berfikir dua kali kalau kita hendak mengupload foto tersebut ke sosial media.

Oleh karena itu, sebelum foto dibagikan ada bagusnya foto selfie tersebut diedit terlebih dahulu menggunakan aplikasi Lightroom.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan membagikan rumus Lightroom selfie dalam ruangan atau indoor dan dijamin dapat membuat foto selfie kamu terlihat lebih meranarik. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Rumus Lightroom Selfie dalam Ruangan Terang / Indoor

Seperti nama rumusnya, rumus Lightroom selfie dalam ruangan. Jadi rumus Lightroom ini sangat cocok diterapkan untuk semua foto selfie indoor misalnya dalam kamar, ruang baca, perpustakaan, cafe, warkop dan lain-lain. 

Pada tutorial ini menggunakan foto selfie dalam ruang terang, jadi usahakan foto yang akan diedit hampir-hampir sama terutama dalam hal kecerahan agar hasilnya tidak jauh berbeda. Berikut rumusnya (IG: @lighroom.konten):

1. Cahaya

Pencahayaan 0,00EV
Kontras -35
Highlight -100
Bayangan 100
Rona Putih -100
Hitam 8

2. Warna

Temp 12
Corak 10
Vibrance 30
Kejenuhan -10

3.Cmprn Warna

Cmprn Warna Rona Kejenuhan Luminans
Merah -18 14 16
Orange -17 9 7
Kuning -100 -100 22
Hijau 100 -100 -13
Aqua 100 100 -61
Biru 40 100 -44

Jadi untuk foto selfie dalam ruangan cerah ini kita hanya mengatur beberapa bagian saja. Untuk efek dan detail tidak perlu diatur. Namun kalau kamu merasa hasilnya kurang memuaskan dan tidak sama seperti gambar yang sudah saya lampirkan diatas, mungkin kamu bisa diatur lebih lanjut agar bisa sesuai dengan yang kamu inginkan.

Rumus Lightroom Selfie Gelap dalam Ruangan

Namun jika kamu lebih suka nuansa agak gelap, kamu bisa mencoba rumus Lightroom selfie gelap dalam ruangan berikut (IG: lightroom.content):

1. Cahaya

Pencahayaan 0,30EV
Kontras -8
Highlight -40
Bayangan 46
Rona Putih -100
Hitam -36

2. Kurva

3. Warna

Temp 6
Corak 4
Vibrance 44
Kejenuhan -20

4. Cmprn Warna

Cmprn Warna Rona Kejenuhan Luminans
Merah -21 0 9
Orange -8 -18 23
Kuning -100 -58 0
Hijau -92 -63 -60
Aqua 0 -100 0
Biru 0 -100 -1

5. Efek

Tekstur 0
Kejernihan 18
Efek Kabut 8
Vignette -18
Titik Tengah 29
Feather 100
Kebulatan 100

Untuk hasil rumus Lightroom selfie gelap dalam ruangan bisa kamu lihat pada gambar yang telah saya lampirkan diatas.

Kesimpulan

Rumus Lightroom yang telah saya paparkan diatas tidak sepenuhnya harus kamu ikuti karena tiap foto berbeda-beda terutama dari segi pencahayaan. Oleh karena itu kamu bisa menyesuaikan lebih lanjut pengaturannya agar didapat hasil yang memuaskan.

Demikianlah pembahasan saya mengenai Rumus Lightroom Selfie dalam Ruangan / Indoor, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Untuk melihat kumpulan rumus Lightroom keren dan aesthetic lainnya atau ingin mendownload preset Lightroom secara gratis, bisa bergabung di channel Telegram kami. Klik Disini

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close