Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Canva

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Youtube merupakan sebuah platform berbagi video dimana kamu bisa memonetisasi video yang sudah kamu upload dan mendapatkan penghasilan dari video tersebut. Banyak orang berbondong-bondong menjadi kreator di Youtube karena tergolong menjanjikan apalagi sekarang ini masa pandemi sehingga banyak orang menjadikan Youtube sebagai salah satu media pembelajaran dan mencari informasi.

Saat mengupload video ke Youtube pastinya kita menginginkan banyak orang menonton video yang telah diupload. Oleh karena itu kita akan melakukan berbagai macam cara agar video tersebut bisa muncul di pencarian Youtube dan mendapatkan banyak penonton, salah satunya yaitu membuat thumbnail yang menarik.

Buat kamu yang belum tahu apa itu thumbnail Youtube, jadi thumbnail adalah sebuah gambar pratinjau dari video yang sudah kita upload di Youtube. Biasanya pada thumbnail memuat informasi atau hasil dari video kita. Thumbnail Youtube harus dibuat semenarik mungkin untuk memikat pengguna agar mau mengklik dan menonton video yang sudah diupload.

Salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk membuat thumbnail Youtube adalah Canva. Canva menyediakan berbagai macam tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat thumbnail Youtube yang menarik, salah satunya ketersediaan berbagai macam template, shape, objek, gambar, maupun font yang bisa kamu gunakan secara gratis. Disamping itu, Canva juga bisa dijalankan di segala perangkat seperti HP android, iPhone, laptop dan PC.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara membuat thumbnail Youtube di Canva HP android, iPhone, laptop dan PC. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Ukuran Thumbnail Youtube

Sebelum membuat thumbnail Youtube ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu berapa ukuran thumbnail Youtube di Canva. Sebenarnya jika kita menggunakan platform Canva untuk mengedit thumbnail Youtube, sudah disediakan ukuran thumbnail yang bisa langsung kita gunakan. Jadi kita tidak perlu repot-repot mengatur ukuran thumbailnya secara manual.

Namun sebagai informasi apabila suatu saat kamu menggunakan aplikasi edit foto lain untuk membuat thumbnail Youtube, maka ukuran yang bisa kamu gunakan adalah 1280x720 piksel dengan lebar minimum 640 piksel.

Thumbnail Youtube harus diupload dalam format gambar seperti JPG, GIF, atau PNG. Tidak melebihi batas ukuran 2 MB. Coba gunakan rasio lebar tinggi 16:9, karena rasio ini paling sering digunakan dalam pemutar dan pratinjau thumbnail YouTube.

Cara Membuat Thumbnail Youtube di Canva

Berikut ini cara membuat thumbnail Youtube aesthetic di Canva dengan mudah:

  • Buka platform Canva di HP Android, iPhone, laptop atau PC
  • Jika sudah berada di dalam halaman utama Canva, klik icon Tambah (+)

  • Lalu scroll kebawah dan klik Gambar Mini Youtube / Thumbnail Youtube dengan ukuran 1280x720 pixel

  • Tunggu beberapa saat maka kamu akan diarahkan ke halaman pengeditan Canva. Selanjutnya klik icon Tambah (+) di pojok kiri bawah

  • Lalu ke menu Template dan di kolom pencarian silahkan ketik kategori template yang akan kamu cari. Jika templatenya sudah muncul, silahkan pilih dan gunakan salah satunya

  • Kemudian edit template tersebut agar sesuai dengan video Youtube yang sudah kamu buat. Disini sudah tersedia berbagai macam tools yang bisa kamu gunakan untuk mengatur teks, gambar, background dan lain-lain

  • Jika kamu sudah mengedit thumbnail Youtube, kamu bisa menyimpan thumbnail yang sudah dibuat dengan cara klik icon Download

  • Lalu tunggu beberapa saat sampai gambar thumbnail Youtube berhasil disimpan ke perangkat kamu.

  • Selesai.

Thumbnail Youtube yang sudah dibuat di Canva kemudian bisa langsung kamu pasang saat sedang mengupload video ke Youtube agar video kamu bisa mendatangkan lebih banyak penonton. Mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Membuat Thumbnail Youtube di Canva, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
close