Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menambahkan Font di Kinemaster

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Pada pembaharuan baru-baru ini, Kinemaster menambahkan sebuah fitur yang sangat berguna bagi penggunanya yakni fitur untuk menambahkan font sendiri dari luar aplikasi Kinemaster. Biasanya untuk menambahkan font baru, kita harus mendownload font tersebut didalam aplikasi Kinemaster melalui Toko Aset Kinemaster.

Namun sayangnya font yang ada di Asset Store Kinemaster tergolong sangat sedikit, belum lagi ada banyak font yang hanya bisa digunakan jika kita sudah berlangganan Kinemaster premium atau versi pro. Tentu banyak orang akan berfikir dua kali untuk berlangganan Kinemaster versi pro dan lebih memilih menggunakan Kinemaster gratisan atau Kinemaster yang sudah dimodifikasi dalam hal ini Kinemaster Mod atau Kinemaster Diamond.

Dengan fitur memasukkan font baru di Kinemaster tentu akan sangat membantu para kreator video dalam membuat konten mereka. Disamping itu kamu juga bisa menambah koleksi font aesthetic di aplikasi Kinemaster sehingga ketika mengedit video kamu tidak kebingungan lagi mau pake font seperti apa karena semua font favorit kamu sudah ditambahkan kedalam aplikasi kinemaster.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara menambahkan font baru di aplikasi Kinemaster dengan mudah. Penasaran? Yuk langsung disimak pembahasannya berikut.

Cara Menambahkan Font di Kinemaster

Tidak semua versi aplikasi Kinemaster bisa menambahkan font baru. Hanya Kinemaster versi 5.2.2 keatas yang mempunyai fitur ini. Oleh karena itu sebelum menambahkan font ada baiknya kamu melakukan update aplikasi terlebih dahulu ke versi terbaru.

Bagi pengguna Kinemaster Mod atau Kinemaster Diamon, kebanyakan dari kamu pasti tidak menemukan fitur untuk menambahkan font dari luar aplikasi bukan? Hal tersebut diakibatkan aplikasi Kinemaster yang dimodifikasi dan tengah kamu pakai masih versi lama. 

Solusinya ya kamu tinggal mendownload dan instal aplikasi Kinemaster Mod versi terbaru yang telah dimodifikasi agar fitur memasukkan font bisa tersedia di aplikasi Kinemaster kamu.

Jika sudah paham, berikut ini cara menambahkan font baru ke aplikasi Kinemaster:

1. Download 1000+ Font Kinemaster di DaFont

Sebelum memasukkan font ke aplikasi Kinemaster tentu kita harus punya font sendiri yang akan ditambahkan. Salah satu situs website penyedia font gratis yang bisa kamu gunakan untuk mendownload lebih dari 1000 font Kinemaster adalah DaFont.

Disini kamu bisa menemukan berbagai macam font Kinemaster mulai dari font Arab, font Jepang, font Korea, font Times New Roman dan masih banyak lagi.

Disamping itu, mendownload font dari situs web DaFont tergolong cukup mudah. Kamu tinggal masuk ke situs web DaFont melalui link berikut: https://www.dafont.com/ lalu cari font yang akan kamu unduh, misalnya disini saya ingin mengunduh font I LOVE SALMON. Jika sudah tekan tombol Download maka font akan terdownload dan disimpan secara otomatis ke HP Kamu.

2. Ekstrak Font Kinemaster di HP

Jika font sudah didownload, langkah selanjutnya adalah mengekstrak font tersebut berhubung font yang sudah didownload tadi masih dalam bentuk file .ZIP sehingga tidak bisa dimasukkan ke Kinemaster. Sesudah diekstract, file font akan berubah menjadi .TTF dan file font tersebutlah yang bisa dimasukkan kedalam apikasi.

Berikut ini cara ekstract font Kinemaster di HP Android:

  • Buka Pengelola File lalu ke Penyimpanan Ponsel

  • Silahkan cari folder Download lalu cari font yang sudah kamu download tadi.

    • Jika sudah dapat silahkan klik font tersebut lalu klik Ekstrak semua → Ekstrak ke Download

    • Tunggu beberapa saat sampai font selesai diekstrak. Jika sudah maka akan terbentuk sebuah folder sesuai dengan nama font di folder Download dan jika kamu klik folder tersebut maka kamu akan melihat file font dalam bentuk format .ttf

    3. Memasukkan Font ke Kinemaster

    Jika font sudah diekstrak maka langkah selanjutnya adalah memasukkan font tersebut ke aplikasi Kinemaster. Berikut tutorialnya:

    • Buka aplikasi Kinemaster di HP Android atau iPhone
    • Didalam aplikasi, klik Proyek Baru

    • Selanjutnya masukkan Nama Proyek dan tentukan Aspek Rasio yang akan digunakan. Jika sudah klik Buat

    • Kemudian pilih gambar atau video yang akan dijadikan background atau latar belakang lalu tekan tombol Close (X)

    • Didalam halaman pengeditan, klik menu Lapisan lalu pilih Teks

    • Ketik teks/tulisan lalu tekan OK

    • Selanjutnya klik Font teks

    • Lalu di halaman untuk mengganti font, klik icon Tambah (+) dekat icon Shop

    • Masuk ke folder Download lalu pilih folder dengan nama font yang kita ekstrak tadi
    • Dan di folder tersebut kamu akan menemukan file font dengan format .ttf, silahkan klik file font tersebut

    • Dengan demikian kamu telah berhasil menambahkan font baru ke aplikasi Kinemaster

    • Kamu bisa langsung menggunakan font tersebut pada teks atau tulisan yang sudah kamu buat pada halaman pengeditan Kinemaster

    • Selesai

    Nah bagaimana? Mudah Bukan?

    Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menambahkan Font di Kinemaster, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

    Blogger Toraja
    Blogger Toraja Anugerah terbesar adalah ketika kita memiliki kemampuan dan masih diberi kesempatan untuk berbagi kepada sesama walaupun itu hanya lewat ketikan keyboard
    close