Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Ruller / Penggaris di PowerPoint

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Salah satu fitur yang terdapat pada program aplikasi Microsoft PowerPoint adalah Ruller atau Penggaris. Fitur Ruller sangat membantu pengguna dalam mengatur jarak paragraf, jarak tab maupun jarak kolom saat membuat tabel pada halaman slide PowerPoint.

Selama ini kita mengenal dua macam Ruller di Microsoft Office termasuk di PowerPoint yakni Ruller Horizontal (penggaris bagian atas) dan Ruller Vertical (penggaris bagian samping kiri). Biasanya pada MS PowerPoint, fitur Ruller tidak dimunculkan apalagi jika kamu baru saja menginstal program aplikasi Microsoft Office pada laptop atau PC kamu.

Bagi yang sudah terbiasa membuat presentasi tanpa bantuan Ruller mungkin hal ini tidak akan terlalu mengganggu namun bagaimana jika kamu sudah terbiasa memanfaatkan fitur Ruller, hal ini tentu menjadi salah satu fitur yang paling penting untuk diaktifkan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara memunculkan Ruller / Penggaris di PPT PowerPoint 2007, 2010, 2013, 2016, 2019 atau versi yang lebih terbaru. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Cara Menampilkan Ruller di PowerPoint

Berikut ini tutorial atau cara menampilkan Ruller di Microsoft PowerPoint dengan mudah:

  • Buka program aplikasi Microsoft PowerPoint di laptop atau PC
  • Jika aplikasi PowerPoint sudah terbuka, silahkan ke tab menu View lalu beri tanda centang pada bagian Ruller

  • Maka secara otomatis Ruller atau penggaris akan dimunculkan pada halaman slide presentasi kamu.

  • Selesai.

Cara Memunculkan Penggaris Vertikal di PowerPoint

Jika diperhatikan, saat memunculkan Ruller di PowerPoint melalui menu View yang muncul hanyalah Ruller Horizontal yang berada di bagian atas pada halaman slide. Sedangkan untuk ruller vertikal yang berada di sebelah kiri layar tidak muncul. 

Untuk memunculkan penggaris atau ruller vertical di PPT PowerPoint, tutorialnya sebagai berikut:

  • Klik menu File pada ribbon menu

  • Selanjutnya klik Options

  • Jika kotak dialog PowerPoint Options sudah muncul, silahkan ke Advanced → Display → beri centang pada Show vertical ruller. Jika semua sudah diatur, klik OK untuk menyimpan pengaturan.

  • Maka secara otomatis vertical ruller akan ditampilkan pada halaman slide presentasi PowerPoint kamu.

  • Selesai

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Menampilkan Ruller / Penggaris di PowerPoint, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close