Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Formulir PDF, Word, Excel di HP Android

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Mungkin kamu pernah melalukan pendaftaran online entah itu melamar pekerjaan, pendaftaran siswa baru, pendaftaran mahasiswa baru dan lain-lain, biasanya dalam pendaftaran online kita diminta untuk mengisi formulir yang sudah disediakan. Formulir tersebut biasanya tersedia dalam bentuk file PDF, Word / docx, ataupun Excel.

Untuk mengisi formulir khususnya di HP Android tentu kita memerlukan aplikasi yang bisa membaca dan mengedit file PDF, Word maupun Excel. Untungnya sekarang ini sudah banyak aplikasi di HP Android yang bisa kamu download secara gratis dan bisa digunakan untuk mengisi formulir dengan mudah.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara mengisi formulir PDF, Word (docx), Excel di HP Android. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut.

Aplikasi Untuk Mengisi Formulir di HP Android

Di HP Android, ada banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengisi formulir PDF, Word maupun Excel dengan mudah, salah satunya aplikasi WPS Office.

WPS Office adalah satu paket aplikasi perkantoran dimana melalui aplikasi ini kamu bisa membuat dan mengedit dokumen Word (WPS Writter), Excel (WPS Spreadsheet), PowerPoint (WPS Presentation), dan PDF secara instan.

Artinya jika kamu punya formulir dalam bentuk dokumen Word, Excel maupun PDF, kamu bisa mengisi formulir tersebut hanya menggunakan satu aplikasi saja yakni WPS Office. 

Dengan demikian kamu tidak perlu lagi menginstal banyak aplikasi di HP seperti PDF Reader untuk mengisi formulir PDF, Microsoft Word: Edit Documents untuk mengisi formulir Word, Microsoft Excel: Spreadsheet untuk mengisi formulir Excel karena semua bisa kamu kerjakan menggunakan aplikasi WPS Office.

Cara Mengisi Formulir PDF, Word, Excel di WPS Office HP Android

Berikut ini cara mengisi formulir PDF, Word / Docs, Excel di HP Android menggunakan aplikasi WPS Office dengan mudah:

  • Buka aplikasi WPS Office di HP Android atau iPhone
  • Jika sudah berada dalam aplikasi WPS Office, klik Pengelola File

  • Kemudian tentukan jenis file formulir yang akan diisi. Semisal disini formulir yang akan saya isi dalam bentuk PDF maka saya akan memilih PDF

  • Tunggu beberapa saat maka semua file PDF yang tersimpan dalam HP kamu akan dimunculkan. Silahkan cari dan buka formulir PDF tadi.

  • Jika formulirnya sudah terbuka, silahkan klik Edit

  • Selanjutnya klik menu Isi Formulir lalu klik icon TT 

  • Sekarang kamu sudah bisa mengisi formulir yang tersedia. Silahkan isi semua data yang wajib diisi pada formulir.

  • Jika kamu sudah selesai mengisi formulir, kamu bisa menyimpan formulir tersebut dengan klik icon Save

  • Dengan demikian formulir yang sudah diisi tadi akan tersimpan ke HP kamu.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Mengisi Formulir PDF, Word, Excel di HP Android Menggunakan WPS Office, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close