Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres PDF di Telegram

Selamat datang di situs Blogger Toraja.

Saat melamar pekerjaan biasanya salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah mengirimkan dokumen atau berkas kita dalam bentuk format file PDF. Ukuran file PDF pun sudah ditentukan misalnya pada pendaftaran CPNS yang lalu, para peserta diminta mengupload berkasnya dalam bentuk PDF dengan ukuran maksimal 800 kb.

Jika berkas yang diunggah melebihi ukuran yang ditentukan maka secara otomatis sistem akan menolak berkas tersebut dan meminta peserta untuk mengunggah ulang berkasnya sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memperkecil ukuran PDF menggunakan aplikasi atau situs website compress file PDF.

Berbicara mengenai alat yang bisa digunakan untuk compress PDF, di Telegram ada sebuah bot yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres ukuran file PDF ke ukuran yang diinginkan.

Nah pada pembahasan kali ini, Blogger Toraja akan memaparkan bagaimana cara kompres file PDF di Telegram. Yuk langsung saja disimak pembahasannya berikut ini.

Bot Telegram Compress File PDF

Jika kita mencari Compress PDF Bot di Telegram maka kita akan menemukan banyak sekali bot kompres file PDF yang muncul di hasil pencarian. Namun yang menjadi pertanyaan, apakah bot tersebut masih berfungsi dan bisa digunakan atau tidak?

Setelah saya cek-cek, ternyata ada banyak sekali bot kompres file PDF di Telegram yang sudah tidak berfungsi dan tidak bisa digunakan. Namun ada satu bot yang ternyata masih merespon perintah yang diberikan dan bisa digunakan untuk memperkecil file PDF ke ukuran yang diinginkan.

Nama bot tersebut adalah Compress PDF Bot, kamu bisa menemukan bot ini di aplikasi Telegram melalui username: @compress_pdf_file_bot atau link berikut: https://t.me/compress_pdf_file_bot

Cara Kompres PDF di Telegram Menggunakan Compress PDF Bot

Berikut ini cara memperkecil file PDF / kompres PDF di aplikasi Telegram menggunakan Compress PDF Bot:

  • Buka aplikasi PDF di HP Android, iPhone, laptop, PC atau Telegram Web
  • Jika aplikasi Telegram sudah terbuka, di kolom pencarian silahkan masukkan username @compress_pdf_file_bot lalu tunggu beberapa saat sampai botnya muncul. Jika sudah muncul, silahkan klik botnya. 
  • Kamu juga bisa klik link bot Telegram compress PDF yang sudah saya sertakan diatas maka kamu akan diarahkan secara otomatis ke chatroom bot.
  • Untuk memulai bot, klik Start

  • Selanjutnya masukkan file PDF dengan cara klik icon Clip Kertas

  • Lalu ke menu Berkas 

  • Lalu cari file PDF dalam penyimpanan HP kamu. Jika sudah dapat silahkan di klik lalu tap tombol Kirim

  • Tunggu beberapa saat sampai file PDF berhasil diupload kedalam chatroom bot. Disini juga ukurannya akan langsung di kompress secara otomatis dan hasilnya akan langsung dimunculkan dalam chatroom bot. Misalnya disini file PDF saya awalnya berukuran 343,5 kb dan telah diperkecil ukurannya menjadi 176,5 kb

  • Untuk menyimpan file PDF yang telah dikompres, silahkan klik icon Titik Tiga pada file PDF lalu klik Simpan ke Unduhan

  • Maka secara otomatis file PDF yang telah dikompres akan tersimpan ke perangkat kamu.
  • Selesai.

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan?

Demikianlah pembahasan saya mengenai Cara Kompres PDF di Telegram, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Selamat mencoba, terima kasih.

Blogger Toraja
Blogger Toraja Menulis adalah bekerja untuk keabadian, semua orang akan mati kecuali karyanya
close